MERAUKE-Kendati selama ini tidak ada laporan  kecelakaan laut maupun kehilangan anggota keluarga, namun warga yang tinggal di sekitar Kali Bian dikagetkan dengan penemuan sesosok mayat yang mulai membusuk terdampar di pinggir Kali Bian, Kamis (19/8). 

   Kapolres Merauke  AKBP Ir. Untung Sangaji, M. Hum melalui Kapolsek Kurik AKP Marlina Kaimu, S.Sos dihubungi Minggu (21/8), membenarkan penemuan jenazah laki-laki yang mulai membusuk tersebut.  

  Menurut  Kapolsek, laporan itu diterima dari seorang warga bernama Reki N, sekitar  pukul 08.10 WIT. Setelah menerima laporan, selanjutnya Kapolsek dan anggotanya bersama Tim Medis dari Puskesmas Kumbe serta anggota Pos Marinir mendatangi TKP di Muara Kali Bian guna melakukan evakuasi jenazah dari TKP menuju Puskesmas Kumbe.  

  Sesuai identitas KTP yang ditemukan pada celana yang digunakan korban, diketahui laki-laki asal Bau-Bau, Sulawesi Tenggara itu lahir 24 September 2002  bernama  Doni Dharmawan dengan alamat Kelurahan  Inauga, Kecamatan Wania, Kabupaten Mimika-Papua.  Menurut Kapolsek, setelah jenazah tiba di Puskesmas Kumbe, selanjutnya  dilakukan pemeriksaan luar oleh tim medis. 

   “Barang bukti yang diamankan berupa 1 lembar celana Levis, 1 buah dompet kulit, 1 buah KTP, dan uang tunai Rp 300 ribu,” katanya. 

   Setelah dilakukan pemeriksaan mayat sekitar pukul  17.00 WIT dengan mengingat kondisi jenazah yang mulai membusuk dan mengeluarkan bauh tidak sedap sehingga langsung  dilakukan pemakaman  dengan bantuan warga setempat  di Kuburan Kumbe.  Kapolsek Marlina Kaimu menjelaskan bahwa terkait dengan penemuan jenazah ini pihaknya masih melakukan koordinasi dengan Polres Mimika. 

   Sebab, pria  berumur  sekitar 19 tahun tersebut sesuai dengan identitasnya masih pelajar atau mahasiswa. Apalagi, selama ini tidak ada laporan adanya   musibah kecelakaan di laut maupun orang yang tenggelam di laut atau kali. 

   “Kebetulan ada letting saya di Mimika dan sudah koordinasi dengan mereka, siapa tahu ada masyarakat Mimika yang kehilangan anggota keluarganya sesuai identitas yang ada di KTP yang ditemukan itu untuk segera menghubungi kami di Merauke,” jelasnya.

   Begitu juga  bagi warga Buton yang ada di Merauke, jelas Kapolsek, pihaknya sudah menginformasikan apabila ada anggota keluarganya yang hilang untuk segera menginformasikan. “Kami masih simpan sejumlah barang dari korban dan kalau memang mau melihat kuburannya  kami akan bawa ke sana,” tandasnya.  (ulo/tri)