Komisi A DPRD Lanny Jaya Sidak Pastikan Berjalan dengan Baik

TIOM-Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Kampung (BPMK) Kabupaten Lanny Jaya, Vikto Ari mengatakan sudah 7 distrik di Kabupaten Lanny Jaya terlayani bantuan tunai sebesar Rp 4 Juta setiap kepala keluarga yang menerima manfaat program Lanny Jaya Mandiri.

Penyerahan bantuan ini diserahkan langsung oleh Bank Papua dan tidak lagi melalui kepala distrik maupun kepala kampung sehingga dipastikan yang menerima bantuan tersebut adalah masyarakat yang memenuhi kriteria penerima manfaat dan dipastikan tepat sasaran.

“Yang berikut kita sesuaikan dengan jadwal dan kita targetkan September atau Oktober semua masyarakat terlayani. Hal ini karena masyarakat penerima bantuan harus melakukan registrasi agar semua penerima tepat sasaran,” ungkapnya ketika ditemui di Kantor Bank Papua Cabang Tiom bersama ketua dan anggota Komisi C DPRD Lanny Jaya, Kamis (17/6).

Dikatakan, pihaknya memanggil masyarakat secara langsung untuk melakukan registrasi di Bank Papua dan memastikan juga penerima adalah masyarakat yang melakukan registrasi, sehingga penerima adalah orang yang terdaftar namanya dan dipastikan tepat sasaran.

Sementara itu Ketua Komis A DPRD Lanny Jaya, Terius Yigibalom, SH., mengatakan pihaknya dari Komisi A dan C melakukan sidak di Bank Papua untuk melihat realisasi program Bupati dan Wakil Bupati Lanny Jaya yakni Lanny Jaya Mandiri, Cerdas dan Sehat.

“Hari ini kami melakukan sidak di Bank Papua. Ternyata memang sedang berjalan program Lanny Jaya mandiri. Dimana dana sesuai janji bupati, memberikan dana kepada setiap kepala keluarga penerima program Lanny Jaya Mandiri dan kami saksikan masyarakat sedang menerima manfaat itu,” bebernya. 

Pihaknya  mengapresiasi Bupati dan Wakil Bupati Lanny Jaya yang konsisten terhadap visi misi yang diimplementasikan melalui program di lapangan yang menyentuh langsung masyarakat.

“Penyalurannya tidak lagi diwakili oleh kepala distrik atau kepala kampung tapi langsung diambil oleh masyarakat. Hal ini adalah langkah maju yang dilakukan Pemda Lanny Jaya yang menyerahkan langsung kepada masyarakat dan melalui Bank,”katanya.

Ia menilai Kabupaten Lanny Jaya yang dinilai masih baru namun sudah mengambil kebijakan yang luar biasa. Dimana penyerahan bantuan sudah mengikuti perkembangan zaman yakni melalui bank sehingga dipastikan yang terdaftarlah yang menerima manfaat.

“Mereka dari kampung menerima langsung dari bank yang selama ini diwakili, sekarang diambil sendiri ini. Kami berharap OPD, kepala distrik dan kepala kampung sampaikan kepada masyarakat yang ada nama untuk mengambil bantuan tersebut di Bank Papua,” ujarnya.

Terius Yigibalom berharap ke depan diakhir masa jabatan Bupati dan Wakil Bupati Lanny Jaya untuk mempertahankan kebijakan bantuan langsung tersebut kepada masyarakat.

“Masyarakat yang belum menerima bantuan agar sesegera mungkin dapat menerima bantuan sehingga dapat digunakan dengan baik oleh masyarakat sesuai dengan kebutuhannya,”bebernya.

Mengenai sidak yang dilakukan, Terius Yigibalom mengaku sebelumnya mendapatkan informasi bahwa program tersebut tidak berjalan sebagaimana mestinya. Untuk itu, pihaknya melakukan sidak guna memastikan bahwa program ini berjalan atau tidak. 

“Kami sidak ini untuk memastikan bantuan tersebut berjalan karena ada informasi bahwa program ini tidak jalan dan kami sudah pastikan di lapangan bahwa program bantuan tersebut berjalan dengan baik,” pungkasnya (humas/eko/gin/nat)