Suasana sidak yang dilakukan Ketua Harian Satgas Covid 19 Provinsi Papua Welliam R Manderi di RSUD Jayapura, Selasa (2/3) kemarin. ( FOTO: Yohana/Cepos)

Satgas Covid 19 Provinsi Papua Lakukan Sidak

JAYAPURA – Guna menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Papua, 17 Februari 2021 lalu, serta menindak lanjuti instruksi Kemendagri Nomor 3 Tahun 2021 Tentang  PPKM (Mikro) untuk 7 pProvinsi Prioritas.

Maka Ketua Harian Satgas Covid 19 Provinsi Papua Welliam R Manderi mengatakan melihat situasi saat ini khususnya angka terkonfirmasih terus memgalami penambahan, tentunya hal ini tidak bisa dibiarkan, meski juga diikuti dengan angka penyembuhan yang juga meningkat.

“Untuk itu kami tegakkan disiplin protokol kesehatan dengan melakukan sidak ke beberapa tempat seperti perkantoran, rumah sakit, bahkan kepada pusat-pusat perbelanjaan, untuk melihat aktivitas masyarakat yang juga para pegawai dalam menerapkan protokol kesehetan, ini untuk menerjemaahkan PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) yang diterapkan di Papua yaitu PDPKM (Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Masyarakat),” ungkapnya kepada Cenderawasih Pos, Selasa (2/3) kemarin.

Pihaknya berharap sebagai tugas dan tanggung jawab  di Satgas Covid 19 Papua, tetapi juga dalam bidang penegakan hukum maka Satpol PP melihat  sejauh mana protokol kesehatan diterapkan oleh masyarakat.

“Hari ini kita fokus di kantor Pemerintah dan pusat-pusat pelayanan publik ini, baik perbankan maupun Mall Jayapura, kami lakukan untuk melihat bagimana kesiapan semua komponen dalam penerapkan protokol kesehatan,”beberya.

Lanjutnya, dari hasil sidak tersebut masih ada juga yang di temukan masyarakat belum mematuhi protokol kesehatan. Sementara itu, untuk penggunaan masker hampir semua instansi Pemerintah, BUMN dan BUMD sudah patuh menggunakan masker.

“Kegiatan ini akan kita lakukan besok dan beberapa hari kedepan serta menghimbau agar masyarakat bisa terus menjag Protokol kesehatan,” pungkasnya. (ana/gin)