Masyarakat Harus Waspada Bencana Akibat Cuaca Ekstrim

JAYAPURA – Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Papua. William R Manderi menjelaskan, sampai dengan hari ini, sesuai dengan  penyampaian dari BMKG bahwa mulai akhir Desember -Maret   cuaca ekstrem akan terjadi di Wilayah Indonesia, termasuk Papua.

“Ini menjadi cacatan bagi kita, sehingga berkewajiban menyampaikan hal ini kepada masyarakat agar masyarakat mengantisipasi dan melihat daerah-daerah yang menjadi potensi bencana, khususnya banjir dan longsor,”ujarnya kepada Cenderawasih Pos, Selasa (23/2) kemarin.

  Khusus di Papua bencana yang sering terjadi adalah bencana yang disebabkan oleh iklim. Oleh sebab itu, masyarakat harus selalu waspada terhadap cuaca ekstrim, terutama tingkat curah hujan yang cukup tinggi sampai bulan Maret.

“Di Papua tidak mengenal kapan waktu hujan, kapan waktu kemarau. Iklim di Papua tidak bisa ditebak, sehingga setiap waktu, setiap saat semua orang harus siap siaga, melihat saat ini banjir sudah terjadi di beberapa tempat baik di Keerom, Kab. Jayapura dan sebagainya,” ungkapnya.

Untuk itu pihaknya berkewajiban menyampaikan agar masyarakat waspada, mencari tempat yang aman, kenali lingkungannya agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

“Imbauan ini sudah kami sampai di bulan Desember awal. Sesuai informasi dari  BBMKG, agar selalu waspada terhadap situasi dan kondisi saat ini,  dimana curah hujan yang cukup tinggi,” terangnya. (ana/ary)