dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K) ( FOTO: gratianus silas/cepos)

JAYAPURA–Satgas Covid 19 Proovinsi Papua menghimbau kepada setiap masyarakat untuk segera melakukan pemeriksaan ke puskesmas maupun rumah sakit terdekat jika ada kejala penyakit yang dirasakan.

Juru Bicara Satgas Covid 19 Provinsi Papua, sekaligus Wakil Diretrur Umum dan Keuangan RSUD Jayapura, dr. Silwanus Sumule SpOG(K) mengatakan, ketika pasien merasa adanya gejala Covid 19, jangan menunggu sampai kondisi memberat baru ke rumah sakit untuk diperiksa.

“Begitu ada gejala, segera cari petugas kesehatan, nantinya petugas kesehatan yang akan menentukan apakah peserta bisa rawat mandiri baik itu isolasi terpusat atau harus masuk rumah sakit,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Rabu (26/5) kemarin.

Diakuinya, kebanyakan kasus saat ini, masyarakat ketika merasakan adanya gejala, tidak segera melakukan pemeriksaan, bahkan masih banyak yang menunggu sampai kondisi memburuk baru mencari rumah sakit.

“Ketika kondisi sudah memburuk atau malah sudah berat, penanganan akan semkain sulit dilakukan, meski penanganan bisa dilakukan namun ini juga bisa menjadi salah satu pemicu pasien Covid 19 tidak tertolong dan akhirnnya meninggal,” terangnya.

Dengan demikian, pihaknya sangat berharap kepada semua masyarakat, agar jangan menganggap sepela gejala-gejala penyakit  Covid 19 yang hingga saat ini masih di Papua. (ana/gin)