Pjs. Bupati Pegunungan Bintang Jimmy S Wanimbo (kemeja batik dan memakai helm) saat meninjau Jalan Trans Oksibil-Towe, Kamis (12/11). ( FOTO: Humas For Cepos)

JAYAPURA-Jalan Trans Papua yang menghubungkan Oksibil, Kabupaten Pegunungan Bintang dengan Towe, Kabupaten Keerom, saat ini masih dikerjakan oleh pemerintah.

Pjs. Bupati Pegunungan Bintang, Jimmy S Wanimbo berharap, masyarakat mendukung pengerjaan jalan trans Oksibil-Towe ini. Hal ini disampaikan Jimmy Wanimbo saat menghadiri acara syukuran adat untuk pengerjaan jalan Trans Oksibil-Towe 2 di Kampung Mengabip, Distrik Sobsebang, Kabupaten Pegunungan Bintang, Kamis (13/11) lalu. 

Dukungan dari semua masyarakat menurut Bupati Jimmy Wanimbo sangat diperlukan. Sebab pembangunan jalan ini untuk kepentingan bersama. “Saya harap masyarakat tidak mengganggu pekerjaan jalan yang sedang dikerjakan saat ini. Jangan ganggu mereka, tetapi dukung pihak PT. Wijaya Karya secara bersama membantu guna membuka akses ini, supaya kita dapat merasakan manfaatnya kedepan. Jalan ini bukan untuk orang lain tetapi pembangunan jalan ini adalah untuk kita bersama,” tegasnya. 

Dengan dibangunnya jalan ini, tentunya akan lebih memudahkan aktivitas masyarakat. Seperti menjual hasil kebun ke kota maupun sebeliknya bisa dapat mengangkut bahan bangunan menggunakan kendaraan ke kampung.

Dalam kesempatan itu, Jimmy Wanimbo juga meminta pihak kontraktor agar tidak hanya membuka jalan saja tetapi dapat membantu memperbaiki fasilitas – fasilitas umum di sepanjang jalan. Seperti memperbaiki gedung sekolah, Puskesmas, gereja dan fasilitas umum lainnya sepanjang perjalanan hingga tiba di Towe.

“Saya harap teman–teman PT wijaya karya sebagai pelaksana kegiatan di lapangan sambil membuka jalan, jika ada perkampungan teman-teman bisa dapat memperhatikan fasilitas umum yang rusak bisa diperbaiki,” pintanya.

Sementara itu mewakili Direktur PT. Wijaya Karya,  Dika A.P menuturkan pihaknya siap membuka akses jalan dari Oksibil ke Towe. Untuk pembangunan ini, pihaknya membutuhkan dukungan dari semua pihak. Terutama masyarakat dan Pemkab Pegunungan Bintang agar pekerjaan jalan trans ini bisa dapat diselesaikan. 

“Dalam kesempatan ini saya juga menyampaikan apresiasi yang tinggi kepada pemerintah Pegubin yang hingga saat ini terus memberikan kepercayaan bagi kami dan juga selalu memberikan support. Untuk itu, kami siap dan memberikan yang terbaik bagi kemajuan daerah Pegubin,” pungkasnya.

Sekedar diketahui dalam acara syukuran pelepasan tanah adat tersebut, Pjs Bupati Pegunungan Bintang didampingi Asisten I Sekda Pegunungan Bintang dan para tokoh adat serta masyarakat. (oel/nat)