Ketua Adat Kampung Wasur  Wilhelmus  S. Gebze saat menyerahkan stiker  FX Sirfefa  setelah menyampaikan aspirasinya diterima Sulaeman Hamzah di rumah aspirasi Sulaeman L. Hamzah, Minggu    (8/3)  (FOTO: Sulo/Cepos  )

MERAUKE- Bertempat di rumah aspirasi Sulaeman Hamzah, Jalan Polder Kelurahan   Maro Merauke,  Politisi Partai Nasdem Drs Sulaeman L. Hamzah  yang juga sebagai anggota Komisi IV DPR RI menerima  aspirasi yang disampaikan  lebih dari seratusan  masyarakat yang menamakan  diri masyarakat  adat  Minggu (8/3). 

   Rombongan  masyarakat adat  ini dipimpin Ketua Adat Kampung Wasur  Wilhelmus  S. Gebze.   Aspirasi  yang disampaikan   oleh  masyarakat  adat  tersebut agar  Partai Nasdem  memberikan rekomendasi  kepada FX. Sirfefa, SIP, salah satu   bakal calon bupati  Merauke yang telah mengikuti  seleksi   bakal calon  bupati Merauke Partai Nasdem  Kabupaten Merauke tersebut.  

   Saat menyampaikan aspirasinya tersebut  Wilhelmus  menyatakan   masyarakat adat  siap mendukung Partai Nasdem  untuk memenangkan pemilihan bupati tahun 2020.   Karena  itu,  Wilhelmus  S. Gebze minta agar Partai Nasdem memberikan  rekomendasi dukungan kepada  FX Sirfefa.  

   Wilhelmus S. Gebze mengklaim   jika  masyarakat  adat dari 4 golongan adat  sudah memberikan restu   kepada  FX Sirfefa   untuk maju dan  menangkan  Pilkada Kabupaten Merauke 2020.  ‘’Kami minta Partai Nasdem mendukung kami punya  bapak Fansiskus  Sirfefa,’’ kata   lainnya  yang diiringan tepuk tangan. 

   Sementara itu,   Sulaeman  Hamzah, yang dampingi anggota  DPR Papua Fauzun Nihayah  menjelaskan bahwa  orang  Selatan Papua, orang Marind adalah  orang yang terbuka dan mau menerima kedatangan saudara-saudara  nusantara.  Merauke, kata   Sulaeman Hamzah merupakan transmigrasi kedua  setelah Lampung.  Karena itu, ungkap dia, banyak  masyarakat yang berbondong-bondong datang  membangun  daerah Merauke.

   Sulaeman Hamzah menjelaskan bahwa  dirinya sangat menghargai adat. Karena itu, ketika Paulus Samkakai menyampaikan  adanya permintaan  untuk   pertemuan  tersebut maka dirinya menyediakan waktu tersebut. Namun demikian, lanjut Sulaeman  Hamzah,  aspirasi  yang  disampaikan   tersebut sudah  terima namun  lanjutnya  ada mekanisme  partai. Dimana   dirinya  bukan  sebagai penentu.   

  Menurutnya, ada 23   bakal calon bupati yang telah mendaftar   di partai  Nasdem dan partai telah membuat peringkatan.  ‘’Dari semua  calon  itu siapa yang  memenuhi syarat dan siapa yang tidak dan sebagainya. Tapi jumlahnya masih banyak dan  perlu disaring 2-3  kali  lagi. (ulo/tri)