BERJUBEL: Para penumpang,  yang mengantre untuk naik ke KM Labobar Minggu (20/12) kemarin. ( FOTO: Yewen/Cepos)

JAYAPURA- Suasana Pandemi Covid-19 yang masih terjadi hingga memasuki bulan Desember 2020, nampaknya tak mengurangi semangat para mahasiswa untuk pulang berlibur di daerahnya masing-masing.

 Para mahasiswa yang berlibur ini notabene menggunakan kapal laut ke daerahnya masing-masing, seperti ke Biak Numfor, Kepulauan Yapen (Serui), Manokwari, Sorong dan daerah lainnya.

 Dari pantauan Cenderawasih Pos, Minggu (20/12) sekitar pukul 13. 00 WIT, ribuan mahasiswa bersama masyarakat menggunakan Kapal KM. Labobar yang sandar di Pelabuhan Jayapura.

 Kapal Labobar ini akan melayani penumpang dari Jayapura tujuan Kepulauan Yapen (Serui), Biak Numfor, Manokwari dan Sorong serta beberapa daerah lainnya di wilayah Indonesia timur sampai Indonesia bagian barat.

 Salah satu mahasiswa yang merupakan penumpang KM Labobar, Valentinus Mafiti mengatakan,  dirinya akan pulang berlibur ke kampung halamannya di Manokwari, Papua Barat. “Saya berangkat ke Manokwari. Saya mahasiswa dari Universitas Muhammadiyah Papua dan berlibur ke Manokwari,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Minggu (20/12) kemarin.

 Mafiti mengatakan, dirinya sendiri telah melakukan rapid test, untuk selanjutnya membeli tiket kapal laut. Ini merupakan syarat yang harus dipenuhi sebelum berangkat keluar dari Jayapura ke daerah lainnya.  “Saya sudah rapid test. Setelah itu baru saya beli tiket dan hari ini (kemarin-red) berangkat menggunakan kapal,” ucapnya.

 Sementara itu, salah satu mahasiswi Universitas Ottow dan Geisller (UOG) Jayapura, Sarah Arwam menuturkan bahwa dirinya sudah rapid test dan beli tiket untuk berangkat berlibur menggunakan Kapal Labobar.

 “Memang saat ini pandemi Covid-19, tetapi saya tetap berlibur untuk pulang ke kampung buat natal bersama orang tua dan keluarga,” ucapnya sambil hendak naik kapal. (bet/wen)