Bandara Wamena yang padat dari warga yag mecari Tiket untuk berangkat. (foto:Denny/ Cepos)

WAMENA-Manager Trigana Air Service Wamena Michael Buduri menyatakan bahwa peluang percaloan tiket pesawat di Bandara Wamena dalam masa pandemi Covid -19 sangat kecil kemungkinannya. Pasalnya pemeriksaan yang dilakukan oleh petugas di Bandara Wamena cukup ketat, sebab penumpang yang ingin berangkat harus dilengkapi dengan data diri yang lengkap.
Pihaknya juga sudah mengimbau masyarakat untuk beli tiket langsung di konter resmi dan menyertakan data pribadi yang benar. “Jadi kalau dibilang ada penumpang yang lolos tidak sesuai nama, sangat kecil, saya tidak menjamin tidak ada, tetapi itu sangat kecil karena pada saat penumpang itu masuk ke terminal, pemeriksaan pertama dari avsec yaitu melihat tiket dan data pribadi.”ungkapnya rabu (23/12) kemarin.
Lanjut Michael, setelah sampai di check in Trigana, mereka juga mengontrol hal yang sama, nanti masuk ruang tunggu juga akan mencocokan identitas. Ini dilihat dengan sistem sehingga sangat mustahil kalau ada penumpang yang bisa lolos dengan identitas lain, apalagi dalam masa pademi Covid -19 seperti ini.
“Kalau kita lihat yang sebenarnya terjadi tahun-tahun ini dan tahun-tahun lalu adalah jasa pengurusan yang diminta oleh penumpang. Dia hanya mengajukan dia punya data resmi, setelah dia rapid test, data sudah benar, surat izin keluar benar, nanti baru mungkin dia minta izin perantara orang lain untuk mengambil tiket di aviasi.”jelasnya
Untuk saat ini, kata Michael, bukan calo tetapi jasa pengurusan dalam arti persyaratannya sudah terpenuhi hanya dia menyuruh orang itu untuk ambil di tiket. Sedangkan kalau di tiket, di lihat data-data itu kalau sudah benar, sudah ada izin dari posko bahwa orang itu tidak reaktif, KTP sudah benar, aviasi akan memberikan tiket.
“Situasi masa pandemi saat ini membuat oknum yang sering menjadi calo kesulitan untuk melakukan aktifitasnya. Sebab sebelum mendapatkan tiket calon penumpang itu, harus mengurus surat izin keluar masuk, setelah itu dirapid test, barulah bisa mendapatkan tiket sesuai dengan data persyaratan tersebut,”tutup Michael Biduri. (jo/tri)