JAYAPURA– Juru Bicara Satgas Covid 19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., mengonfirmasi adanya penambahan sebanyak 73 kasus positif baru di Provinsi Papua, Rabu (2/9) kemarin.

“Tambahan ini berasal dari Mappi dengan 1 kasus. Merauke dengan 1 kasus, Mimika 23 kasus, Nabire 1 kasus, Biak Numfor dengan 3 kasus, Kabupaten Jayapura dengan 2 kasus, dan tambahan 42 kasus di Kota Jayapura. Khusus tambahan di Kota Jayapura merupakan akumulasi dalam 2 hari ini. Kami juga sampaikan bahwa Mappi menjadi daerah baru yang terdampak Covid-19 di Papua,” ungkap dr. Silwanus Sumule.

Tambahan  sebanyak 73 kasus tersebut menurut dr. Sumule, menunjukkan bahwa pandemi Covid-19 belum berakhir di Papua. Untuk itu, kesadaran dalam menjalankan protokol kesehatan masih sangat penting untuk dapat terus dilakukan oleh masyarakat secara umum di Papua.

“Kami sampaikan juga bahwa terdapat tambahan kasus sembuh sebanyak 18 kasus. Kasus sembuh tersebut terjadi di Mimika, 5 kasus, 1 kasus di Kabupaten Jayapura, 4 kasus di Nabire, 2 kasus di Biak Numfor, dan 6 kasus di Kota Jayapura,”tuturnya.

Selain itu, dr. Sumule juga mengonfirmasi penambahan satu kasus meninggal dunia di Kota Jayapura. Adalah seorang perempuan berusia 69 tahun yang dirawat selama 7 hari di salah satu rumah sakit mitra di Kota Jayapura.

“Pasien didiagnosis positif Covid-19 dan memiliki penyakit penyerta kencing manis atau diabetes mellitus. Kami Satgas Covid-19 menyampaikan turut berduka cita yang mendalam bagi keluarga yang ditinggalkan. Tuhan akan memberikan ketabahan, kekuatan, dan penghiburan bagi keluarga yang ditinggalkan,” tambahnya.

Dengan catatan ini, maka secara kumulatif, kasus positif di Papua telah mencapai 3834 kasus, di mana 610 pasien dirawat, 3178 pasien sembuh dan 46 pasien meninggal dunia. (gr/nat)