Yusuf Yambe Yabdi ( FOTO: Erik / Cepos)

PON 2020 Papua

JAYAPURA – Wakil Ketua Harian PB PON XX Papua, Yusuf Yambe Yabdi mengatakan, bahwa PB PON Papua akan merekrut para mantan-mantan atlet nasional yang telah mengaharumkan nama Papua dikancah event nasional. Para mantan atlet nasional tersebut akan direkrut untuk menjadi volunteer atau panpel cabang olahraga pada pelaksanaan PON XX tahun 2020 di tanah Papua.

Yusuf Yambe menjelaskan, bahwa dalam waktu dekat, pihaknya akan melakukan pendataan guna mengetahui jumlah mantan atlet nasional Papua yang ada saat ini.

“Semua mantan atlet nasional PON kita akan akomodir masuk dalam volunteer, saat ini saya belum punya data base secara detail para mantan atlet, namun kami akan mendata para mantan atlet nasional yang Papua miliki saat ini,” ungkap Yusuf Yambe Yabdi kepada awak media di Jayapura, Selasa (18/2). 

“Nantinya data para mantan atlet kita akan sampaikan kepada bidang SDM PB PON, kemudian akan didistribusikan ke masing-masing kluster. Mereka harus ambil andil dalam kegiatan PON ini, karena mereka punya kontribusi besar untuk Papua,” ujarnya.

Sementara itu, salah satu mantan atlet sepakbola Papua, Ortizan Solossa sangat mengapresiasi adanya kebijakan dari PB PON untuk mengakomodir para mantan atlet nasional Papua untuk bisa terlibat dalam pelaksanaan event olahraga empat tahunan tersebut.

“Saya rasa ini kepercayaan yang luar biasa, dan ini merupakan penghargaan yang diberikan untuk kami sebagai para mantan atlet nasional Papua. Apalagi pelaksanaan PON kali ini di Papua, tentu kami sebagai mantan atlet merasa bersyukur jika bisa dilibatkan dalam pelaksanaan PON Papua,” tandasnya.

Diketahui, PON XX Papua tahun 2020 akan dilaksanakan pada 20 Oktober hingga 2 November dengan empat kluster pelaksanaan, yakni Kabupaten/kota Jayapura, Mimika dan Merauke dengan mempertandingkan 37 cabang olahraga. (eri/gin).