CUKUP MERIAH: Suasana yang terlihat cukup meriah terjadi di Kampung Engros, Distrik Abepura saat malam pergantian tahun 2020 menuju tahun 2021, Jumat (31/12). Terlihat suasana kampung pada malam hari dengan warna warni kembang api di udara.( FOTO: Gamel/Cepos)

 JAYAPURA-Papua melewati malam pergantian tahun baru di tengah pandemi dengan aman dan kondusif. Sebagian dari warga kota tetap memilih membakar kembang api atau petasan di masing-masing halaman rumah mereka.

Hal ini dikarenakan lokasi yang biasanya menjadi tempat merayakan pergantian tahun seperti di Dok II depan Kantor Gubernur Papua, Jembatan Youtefa, Taman Imbi serta beberapa titik lainnya ditutup dan dijaga ketat oleh TNI-Polri serta unsur lainnya.

Pantauan Cenderawasih Pos di lapangan, di lingkaran Abepura jalan ditutup sejak pukul 22:00 WIT dan dibuka kembali pada 06:00 WIT.

Begitu juga di Jalan Veteran Pasar Lama Abepura, sebagian warga memilih membunyikan kembang api di halaman rumah mereka atau di jalan raya.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengunjungi pos-pos pengamanan malam Tahun Baru di Kota Jayapura didampingi pejabat utama Polda Papua, Danlatamal X Jayapura Laksma TNI Yeheskiel Katiandagho, Wakil Wali Kota Jayapura, Rustan Saru.

Kapolda Paulus Waterpauw menyebut wilayah jajaran Polda Papua berdasarkan laporan dari para Kapolres aman dan kondusif. Aparat dan masyarakat bisa bersinergi dengan baik sehingga tidak ada kegiatan masyarakat di luar rumah dan berkumpul dalam menyambut Tahun Baru 2021.

Sementara Kabid Humas Polda Papua Kombes Pol AM Kamal mengatakan, laporan dari seluruh Polres jajaran di malam pergantian tahun berjalan aman dan kondusif.

“Situasi kamtibmas Polda dan Polres jajaran berjalan sesuai dengan maklumat Kapolri Nomor Mak/4/XII/2020, dimana menyebutkan bahwa tidak ada perayaan kembang api dan berkumpul di malam pergantian tahun,” ucap Kamal, Jumat (1/1).

Lanjut Kamal, selain penempatan personel baik itu TNI-Polri, Satpol PP dan beberapa komunitas seperti Senkom, RAPI dan Orari. Personel gabungan melaksanakan patroli roda dua, roda empat dan roda enam untuk mengantisipasi adanya perkumpulan masyarakat.

“Edukasi tentang protokol kesehatan terus kami sampaikan kepada warga baik yang ada di perkotaan maupun di perkampungan di malam pergantian tahun, agar kita semua terhindar dari Covid-19 di Papua,” kata Kamal.

Kamal mengajak masyarakat untuk mengawali tahun 2021 dengan sebuah rencana hidup yang lebih baik, apa yang telah kita lakukan ditahun sebelumnya menjadi refleksi untuk lebih baik ke depan.

Sementara itu, Kapolresta Jayapura Kota Kombes Pol Gustav R. Urbinas mengatakan, sebanyak 750 personel gabungan disiapkan guna melakukan pengamanan malam perayaan pergantian tahun di Kota Jayapura.

Adapun sebanyak 750 personel gabungan yang terdiri dari TNI, Polri serta instansi lainnya baik Satpol PP, dinas perhubungan serta mitra Kamtibmas akan diploting di daerah yang sering dijadikan tempat kumpul warga saat pergantian tahun.

 “Ada beberapa akses yang kami tempatkan personil agar tidak ada masyarakat yang berkumpul, tanpa menggangu jalannya arus lalulintas,” ucapnya.

 Ia juga menjelaskan, selain melakukan penjagaan di kawasan yang sering dijadikan titik kumpul masyarakat, pihaknya melakukan penyekatan di batas Kota Jayapura agar tidak ada mobilisasi warga dari kabupaten lain yang merayakan malam tahun baru di Kota Jayapura.

“Kami melakukan pemeriksaan di batas kota baik dari Keerom maupun Kabupaten Jayapura saat malam hari. Supaya tidak ada euforia malam tahun baru yang berlebihan seperti yang telah di sampaikan,” ucap Gustav. 

 Sementara terkait pengamanan ibadah kunci tahun, sedikitnya 287 personil yang disiapkan, untuk melakukan pengamanan di 48 gereja di wilayah Kota Jayapura.

 Di malam pergantian tahun, anggota juga melakukan patroli dengan rute patroli yang menjadi fokus yakni, pantai Dok II, Dok IV, Dok V Lumba-lumba dan Dok V toko Evan Jaya, Pos Pam depan Kantor Gubernur, Dok IX dan Pasar Inpres.

Patroli tersebut dilakukan guna mencegah adanya kerumunan masyarakat dalam menyambut malam perayaan tahun baru serta menjaga situasi Kamtibmas tetap aman dan kondusif. 

Adapun malam pergantian tahun yang berlangsung di wilayah hukum Abepura berjalan aman dan kondusif. 

Warga tetap menyambut pergantian tahun dengan baik dan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam rangka mencegah, mengendalikan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 di wilayah Abepura, Kota Jayapura.

Kapolresta Jayapura Kota, AKBP Gustav Urbinas melalui Kapolsek Abepura, AKP Clief Gerald Philipus Duwith mengatakan, pihaknya melakukan pengamanan pergantian tahun dengan apel bersama yang dilakukan. 

Apel bersama pergantian tahun ini dihadiri oleh berbagai pihak, baik kepolisian, unsur TNI, pemerintah distrik, ORARI, RAPI, Satpol PP dan berbagai unsur terkait lainnya.

“Dari hasil pengamanan yang dilakukan selama bergantian tahun, baik ibadah pergantian tahun dan malam pergantian tahun berjalan aman dan kondusif di wilayah hukum Abepura,” katanya kepada Cenderawasih Pos, Sabtu (2/1).

Menurut Duwith, malam pergantian tahun di wilayah Abepura dilakukan dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan. Dimana tidak ada warga yang berkumpul atau membuat kerumunan sebab telah dilarang.

“Pergantian tahun di wilayah hukum di Abepura telah dilaksanakan oleh masyarakat di halaman rumah dan lingkungannya masing-masing. Hal ini sebagai bentuk melakukan pencegahan dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” tuturnya.

Tak hanya itu, situasi Kamtibmas selama pergantian tahun secara umum berjalan aman, nyaman dan lancar. Tidak ada hal-hal yang menonjol, bahkan menganggu Kamtibmas di wilayah hukum Abepura, Kota Jayapura.

“Selama pergantian tahun. Kami lihat secara umum situasi kamtibmas berjalan aman, nyaman dan lancar. Tidak ada hal-hal yang menonjol, terutama hal-hal yang menganggu kamtibmas. Semua perayaan pergantian tahun di wilayah hukum Abepura berjalan lancar,” ujarnya.

Duwith berharap, masyarakat tetap menjaga Kamtibmas dan memperhatikan protokol kesehatan dalam rangka memutus mata rantai penyebaran virus Corona di wilayah Abepura, Kota Jayapura.

“Mari kita terus jaga kamtibmas dan tetap memperhatikan protokol kesehatan, seperti memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak. Hal-hal ini sebagai langkah awal memutus mata rantai penyebaran virus Covid-19,” harapnya. (fia/bet/nat)