M Sabrin Cono, SSos ( FOTO: Willy for Cepos)

JAYAPURA-Plt.Kepala Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan (BKKP) Kabupaten Mamberamo Raya M Sabrin Konu, SSos mengungkapkan bahwa  pengumuman CPNS formasi 2018 Kabupaten Mamberamo rencananya akan diumumkan, Jumat (28/8) besok lusa. 

   “Dalam dua-tiga hari ini, atau pada 28 Agustus ini, hasil tes CPNS formasi 2018 kabupaten Mamberamo Raya akan kita umumkan,”ungkap  Sabrin Cono, SSos dalam rilis yang disampaikan Humas Pemkab Mamberamo Raya, Selasa (25/8) kemarin. 

  Lebih lanjut, Sabrin Konu menyampaikan permohonan maaf kepada masyarakat, khususnya para pelamar CPNS Mamberamo Raya, atas  keterlambatan pengumuman CPNS Kabupaten Mamberamo Raya ini. Dimana dari hasil kesepakatan rapat para bupati/wali kota dan Gubernur Papua beberapa waktu lalu, pengumuman CPNS formasi 2018 ini, seharusnya sudah diumumkan pada 24-31 Juli 2020 lalu. 

  “Pengumuman CPNS formasi 2018 Kabupaten Mamberamo Raya terpaksa harus kami tunda, karena kami harus lakukan optimalisasi terhadap 153 formasi CPNS yang kosong atau tidak ada pelamarnya,”ungkap Sabrin Konu. 

  Lebih lanjut dijelaskan, bahwa pada formasi CPNS 2018 ini, Pemkab Mamberamo Raya mendapatkan kuota  400 formasi CPNS. Dimana jumlah pelamar atau peserta tes CPNS mencapai 1996 orang peserta. Namun dari hasil tes tersebut, hanya 247 peserta dinyatakan lulus sesuai dengan formasi yang dilamar. Sementara 153 formasi  lainnya kosong. 

  “Karena itu, kita sudah koordinasikan dengan Kemenpan RB  dan BKN, agar kuota 153 formasi yang kosong ini bisa kita optimalisasikan untuk dialihkan ke formasi lain yang masih kita butuhkan,”ungkap Sabrin yang mengaku setelah disetujui, baru hasil tes CPNS ini bisa segera diumumkan. 

  Disinggung soal kuota untuk putra asli Papua, Sabrin menjelaskan bahwa  sesuai kesepakatan memang diupayakan untuk 80:20 untuk putra asli Papua. Namun dari hasil tes, sudah diupayakan maksimal, dan hasilnya sekitar 70 % orang asli Papua dan 30 % non OAP. 

  “Saya harapkan para pelamar CPNS Mamberamo Raya untuk bersabar, kami akan umumkan hasil tes CPNS ini di Website Pemkab Mamberamo Raya, dan  secara cetak kita tempel juga di kantor bupati,”ujar Sabrin Konu yang mengaku rencana juga akan diumumkan di Harian Cenderawasih Pos, Jumat (28/8) nanti. (tri)