Puing-puing rumah yang habis terbakar karena kelalaian pemiliknya di Kampung Danggulurik, Distrik Karubaga di Kabupaten Tolikara, Sabtu (21/11). ( FOTO: Dok Polres Tolikara For Cepos )

WAMENA-Diduga akibat kelalaian mematikan api di tungku dapur, satu unit rumah di Kampung Danggulurik Distrik Karubaga di Kabupaten Tolikara, ludes terbakar, Sabtu (21/11) sekira pukul 19.45 WIT. Dari kebakaran itu, hanya surat penting dan beberapa barang yang bisa diselamatkan.

   Kapolres Tolikara AKBP DR. Y. Takamully, melalui Kasat Reskrim Ipda Jarwo Sasmito, SH menyatakan akibat kebakaran tersebut ada beberapa kerugian yang dialami korban. Diantaranya 1 unit rumah ukuran 8×10 dengan total 6 kamar, 9 unit Kasur dan Selimut, Perkakas dapur, 1 unit TV 24 inc, 1 unit Laptop merek Acer, 1 unit Receiver K-Vision, pakaian korban berserta pakaian anak-anak. 

  “Akibat dari kebakaran tersebut juga listrik di Kota Karubaga mengalami pemadaman karena jaringan listrik yang berdekatan dengan rumah korban juga ikut terbakar,” ungkap Ipda Jarwo Sasmito, SH.

   Menurutnya, langkah-langkah yang diambil oleh kepolisian yakni mendatangi TKP, mencari keterangan dari korban dan melaporkan kepada pimpinan dengan total kerugian Rp. 700 juta. Kebakaran ini terjadi lantaran kelalaian, kebetulan rumah tersebut juga terbuat dari kayu sehingga api dengan mudah membakar rumah tersebut hingga habis.

  “Kobaran api yang besar didukung dengan rumah yang terbuat dari kayu membuat korban dan warga sekitar kesulitan untuk memadamkan api dengan peralatan seadanya, tiupan angin juga memasu api cepat merembet ke dinding kayu rumah tersebut,” jelas Kasat Reskrim Polres Tolikara. (jo/tri)