Demianus Msiren, SE., MM ( FOTO: Noel/Cepos)

JAYAPURA-Hasil Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri atau SNMPTN tahun 2020 telah diumumkan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT), kemarin. 

Kepala Biro Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) Universitas Cenderawasih (Uncen) Jayapura, Demianus Msiren, SE., MM., mengatakan, bagi para calon mahasiswa yang dinyatakan lulus SNMPTN Tahun 2020 agar segera melakukan pendaftaran ulang secara online melalui website  https://pmb.uncen.ac.id.

“Ketentuanya adalah melakukan registrasi mahasiswa baru pada laman https://pmb.uncen.ac.id  mulai tanggal 14 –  15 Mei 2020,” jelasnya, Rabu (8/4). 

Dikatakan, calon mahasiswa saat mendaftar ulang secara online, serta harus mengirim  berkas softcopy persyaratan pendaftaran sebagaimana tersebut pada butiran B, ke kontak person Bulir B. 6, Bagian Pendidikan BAAK Uncen untuk diverifikasi dan validasi untuk memperoleh slip atau kwitansi pembayaran UKT (Uang Kuliah Tunggal).

“Pembayaran UKT, sekaligus memperoleh Nomor lnduk Mahasiswa (NIM), Kartu  Pengenal Mahasiswa (KPM) dan Kartu Rencana Studi (KRS), mulai dari tangal 5 sampai dengan 12 Juli 2020, pukul 09.00 sampai pukul 15.00 WIT. Bagi peserta penerima beasiswa bidik misi KIP Kulah, melampirkan bukti sebagai peserta bidikmisi KIP Kuliah kepada panitia bersama berkas pada butir B,” tuturnya. 

Dalam melakukan pendaftaran, calon mahasiswa menurut Demianus juga wajib mengupload pas foto dengan jas serta melengkapi biodata ke Portal Mahasiswa pada https://portal.uncen.ac.id

Menurut Demianus, setalah membayar UKT, NIP, user name dan pasword akan diberikan setelah data terverifikasi.

“Apabila sampai batas waktu yang ditentukan mahasiswa tidak melakukan proses registrasi maka mahasiswa dinyatakan mengundurkan diri,” ujarnya. 

Ditambahkan, pengumuman ini tidak dilakukan melalui media tetapi langsung di website resmi yang sudah ada. Hal ini dilakukan untuk mencegah adanya kontak fisik yang dapat membahayakan terinfeksi virus Corona atau Covid-19. 

Demianus berharap para orang tua dan calon mahasiswa yang dinyatakan lulus, agar dapat menyesuaikan dengan sistem yang dilakukan di Uncen Jayapura. 

“Kita memilih jalur online karena angkatan yang baru masuk kuliah ini,  pasti mahir dalam online baik melalui handphone maupun laptop. Sementara bagi mereka yang belum bisa, dapat meminta saudaranya yang sudah mahir sehingga tidak perlu harus ke kampus untuk berkontak fisik tetapi bisa dilakukan secara online hal ini untuk mencegah Corona,” pungkasnya. (oel/nat)