Kapten Persipura, Boaz Solossa memotivasi rekan-rekannya saat timnya menjamu PSIS Semarang pada musim kompetisi Liga 1 2020 di Stadion Klabat, Manado, Sulawesi Utara, 1 Maret 2020. ( FOTO: Erik/Cepos)

JAYAPURA-Drawing AFC Cup telah dilakukan, Rabu (27/1) lalu. Dua wakil Indonesia, Bali United dan Persipura Jayapura menempati grup berbeda. Bali United berada di grup G bersama Honoi, Boeung Ket dan pemenang pot 1 wilayah Asean.

Sementara Persipura Jayapura akan memulai kiprahnya dari babak play off menghadapi pemenang wakil Timor Leste, Lalenok United dan wakil Kamboja, Visakha.

Pemenang dari pertadingan Lalenok dengan Visakha akan berhadapan dengan Persipura untuk memperebutkan satu tiket di grup H, mendampingi Kedah Darul Aman (Malaysia), Lion Citys (Singapura), Saigon FC (Vietnam).

Kabarnya, babak play off grup H akan dilaksanakan pada akhir bulan Maret mendatang. Tapi sampai saat ini manajemen Persipura masih menghentikan aktivitas klub. akibat sisa dana sponsorship dari PT Bank Papua senilai Rp 5 milar enggan dibayarkan.

Sebelumnya, Ketua Umum Persipura Jayapura, Benhur Tomi Mano mengatakan, bahwa Persipura Jayapura masih terus berusaha untuk bisa tampil pada ajang AFC Cup 2021. 

Meski telah menyatakan menghentikan seluruh Aktivitas klub, tapi orang nomor satu di Kota Jayapura itu tak ingin melewatkan kesempatan tampil pada ajang sepakbola kasta kedua Asia itu.

Menurut Tomi Mano, manajemen Persipura Jayapura saat ini terus menjajaki pihak sponsor untuk mendapatkan suntikan dana agar bisa tampil maksimal pada AFC Cup.

Tomi Mano membeberkan, sampai saat ini manajemen Persipura Jayapura telah melayangkan proposal sponsorship kepada PT Freeport Indonesia dan masih menunggu jawaban dari manajemen Freeport.

“Kami terus berupaya agar Persipura bisa bermain di AFC. Semua persyaratan kami sudah penuhi dan kami juga sudah menyurati PT Freeport dan masih menunggu jawaban,” ungkap Tomi Mano kepada Cenderawasih Pos belum lama ini.

Selain PT. Freeport Indonesia, kata Tomi Mano, dalam waktu dekat, manajemen Persipura Jayapura juga akan melobi sponsor lainnya yaitu Kukubima 

“Musim lalu kita juga didukung oleh Kukubima, dan kami berharap tahun ini Kukubima bisa mendampingi Persipura di AFC,” ujarnya.

Tomi Mano juga menuturkan, dalam menjamu tamunya di pentas AFC Cup, Persipura kembali mendaftarkan Stadion Mandala Jayapura. Persipura akan kembali bermarkas di Stadion berkapasitas 30 ribu penonton itu.

Apalagi kata Tomi Mano, Stadion Mandala Jayapura juga telah berpengalaman mengelar turnamen sepakbola kasta kedua benua Asia itu. Sehingga dalam memenuhi persyaratan, Stadion Mandala merupakan pilihan utama.

“Kita sudah pernah gunakan Stadion Mandala sebagai stadion Persipura di liga AFC, dan itu sudah kita sampaikan kepada AFC maka kita akan memakai Stadion Mandala sebagai home base,” pungkasnya. (eri/nat)