Ketua panitia Fachruddin Pasolo saat menendang bola pertama sebagai tanda pembukaan kompetisi Futsal Liga Nusantara (Linus) seri Papua di lapangan Futsal Mutiara Hitam Arena Polimak, Kota Jayapura, Senin (12/8) kemarin.( FOTO : Erik / Cepos)

JAYAPURA – Sebnayak 5 tim futsal se-Provinsi Papua akan bertanding dalam kejuaraan Liga Futsal Nusantara (Linus) seri Papua yang diselenggarakan mulai 12-14 Agustua 2019, di Lapangan Futsal Mutiara Hitam Arena, Polimak Jayapura, Senin (11/8).

Kejuaraan Linus ini pun dibuka langsung oleh Anggota Exco PSSI Papua, Fachruddin Pasolo mewakili Walikota Jayapura, Benhur Tomi Mano yang juga selaku ketua Asprov PSSI Papua.

Fachruddin Pasolo yang juga merupakan Ketua Panitia mengatakan, Liga Futsal Nusantara (Linus) merupakan cabang olahraga Futsal yang kedua tahun ini, namun hanya diikuti oleh 5 tim.

“Sebenarnya tim-tim dari 29 kabupaten dan kota se-Papua akan mengambil bagian dalam kejuaraan ini, namun waktu pelaksanaan yang beberapa kali tertunda, mengakibatkan tim futsal dari daerah batal mengikuti event ini,” ungkap Fachruddin usai membuka kompetisi ini secara resmi.

Dia mengakui, 2018 lalu, kejuaraan ini diikuti 10 tim, dan Bifor Papua FC keluar sebagai juara seri Papua dan juara Nasional setelah di final kalahkan Young Rior. Dan tahun ini ada 5 tim yang bakal bersaing menjadi juara, yang nantinya mewakili Papua di putaran Nasional.

Fachruddin juga mengimbau kepada wasit untuk bertindak fair dan jangan berpihak kepada salah satu tim.

“Jangan nodai semangat anak-anak muda ini dengan kecurangan, pemain juga saya minta bermain dengan fair, tidak emosi, tunjukan skill terbaik kalian dalam kejuaraan ini,” imbaunya.

Sementara itu, Koordinator pertandingan, Daud Arim menjelaskan, turnamen yang akan berlangsung tiga hari itu akan menggunakan sistem kompetisi penuh. Kelima tim akan saling jumpa, pemuncak klasemen yang akan dipastikan menuju babak 34 besar di Kalimantan Utara.

“Awalnya kita mau gulir di GOR Waringin, namun karena kegiatan padat, dan turnamen ini juga harus segera digulir sehingga kita gunakan lapangan Futsal Mutiara Hitam Arena. Siapa yang keluar sebagai juara akan mewakili Papua pada babak 34 besar di Kalimantan Utara,” jelas Duad.

Dijelaskan, tim Papua yang akan berhasil lolos pada babak 34 besar di Kalimantan Utara akan melanjutkan langkahnya pada babak 8 besar di Jakarta.

“Babak 34 besar mulai 28 Agustus – 9 September, jika lolos babak 34 besar akan masuk diabak 8 besar di Jakarta dan yang masuk dalam final four akan promosi ke Liga Profesional Futsal Indoneisa,” ujarnya.

Daud yang juga merupakan Anggota Komites Futsal Provinsi Papua itu berharap, tahun ini ada tim Papua yang kembali bisa menapaki Liga Profesional Futsal Indonesia, seperti yang sempat dilakukan oleh tim Bifor Papua FC pada musim sebelumnya.

“Kalau tahun lalu, Bifor FC sudah melakukan dengan baik, dan semoga tahun ini ada yang bisa wakili Papua seperti yang dilakukan oleh Bifor FC,” jelasnya.

Kelima tim yang ikut pada Kejuaraan Linus Futsal tahun ini adalah klub Futsal Mimika, Hawk Kota Jayapura, White Still Kota Jayapura, Papua Putra dan Bergajulan Arjuna Papua. (eri/tho)