Pelayanan kesehatan di Puskesmas Distrik Bolakme Kabupaten Jayawijaya (FOTO : Dok Dinkes Jayawijaya)

WAMENA –Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Jayawijaya Ruddianto Aibesa mengungkapkan bahwa saat ini  5 puskesmas yang sudah kembali melakukan pelayanan kesehatan. Seperti halnya Puskesmas hom –hom sejak Kamis (3/10) kemarin sudah mulai beroperasi, dilanjutkan dengan hari ini yang mulai beroperasi itu puskesmas Kurulu, Elekma, Asolokobal dan Bolakme.

  “Khusus untuk Puskesmas Hom –hom memang saat ini belum ada aliran listrik kesana hanya saja pada saat kemarin langsung dibuka di siang  hari sekaligus pada saat pembersihan rumah dan ruko yang habis terbakar,”ungkapnya, Jumat (4/10) kemarin.

  Menurut Ruddi , untuk tenaga kesehatan sendiri itu didatangkan dari dinas kesehatan, dimana untuk puskesmas hom –hom petugas kesehatan dari ASN ada 3 orang ditambah dari dinas kesehatan dan tim quick respon  ada 3 orang ditambah dua dokter. Begitu juga dengan puskesmas lainnya yang ada di luar Kota Wamena karena disana ada petugas Indonesia sehat.

  “Kami pastikan 5 Puskesmas sudah berjalan kembali seperti biasa untuk melakukan pelayanan kesehatan kepada masyarakat disana,”jelasnya.

   Setelah membuka pelayanan kesehatan Kata Ruddi Aibesa , kini sudah mulai ada masyarakat yang datang membutuhkan pelayanan kesehatan , meskipun tidak banyak namun dan hanya beberapa orang saja namun pelayanan kesehatan tetap diberikan kepada mereka.

  Sementara itu Bupati Jayawijaya Jhon Richard Banua mengugnkapkan bahwa Puskesmas di  pinggiran kota belum buka pelayanan karena  belum ada aliran listrik yang memadai, kemungkinan akan aktif kembali setelah aliran listrik di perkotaan ini kembali diperbaiki dan dinyalakan.

  “Kami sudah koordinasi dengan PLN agar kerusakan –kerusakan jaringan listrik ini bisa diperbaiki secepatnya karena selain pelayanan kesehatan yang terganggu, warga pengungsi juga masih enggan untuk pulang sebelum aliran kelistrikan dipulihkan,”bebernya. (jo/tri)