Suasana sertijab lima PJU Polda Papua di Mapolda Papua, Selasa (5/1) kemarin. ( foto: Elfira/Cepos)

JAYAPURA- Lima pejabat utama Polda Papua diserah terimakan, mereka diantaranya Kombes Pol Gatot Haribowo, Karo Ops Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Dir Samapta Polda Metro Jaya, akan digantikan oleh Kombes Pol Jermias Rontini, S.IK yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Brigade Mobile Korps Brimob Polri.

 Kombes Pol Sugeng Harianto Karo Rena Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Jakstra Srena Polri, akan digantikan oleh Kombes Pol Novi Irawan yang sebelumnya menjabat sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pideksus Bareskrim Polri.

 Kombes Pol Totok Triwibowo Dirresnarkoba Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Kasubdit III Dittipidnarkoba Bareskrim Polri, akan digantikan oleh Kombes Pol Alfian yang sebelumnya menjabat sebagai Penyidik Tingkat Pidana Madya Tk. III Bareskrim Polri.

 Kombes Pol Sugeng Utomo Dir Pam Obvit Polda Papua akan menduduki jabatan baru sebagai Analis Kebijakan Madya Bidang Pam Obvit Baharkam Polri dalam rangka Dik Sespimti Polri tahun 2021, akan digantikan oleh Kombes Pol Nicolas Ary Lilipaly yang sebelumnya menjabat sebagai Kabid TIK Polda Papua.

 AKBP Erick Kadir Sully yang sebelumnya menjabat sebagai Wakapusdik Brimob Lemdiklat Polri akan menduduki jabatan sebagai Kabid TIK Polda Papua.

 Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menegaskan serah terima jabatan merupakan tuntutan kebutuhan organisasi dalam rangka menjaga dinamika dan kinerja organisasi sekaligus merupakan bagian dari pola pembinaan karier personel di lingkungan Polri. Dalam rangka penyegaran maupun promosi pejabat yang bersangkutan, baik pejabat yang lama maupun pejabat baru yang akan menggantikannya.

 “Mutasi jabatan diharapkan juga dapat mengakselerasikan pelaksanaan program kerja yang telah dirumuskan sehingga dapat berjalan efektif dan mengalami peningkatan kualitas kesatuan, baik dalam bidang pembinaan maupun operasional sehingga dapat menumbuhkan semangat pengabdian yang tinggi serta mengukir prestasi pada setiap penugasan yang semata-mata berorientasi kepada pelayanan terhadap masyarakat,” beber Kapolda yang memimpin Upacara Sertijab di Mapolda Papua, Selasa (5/1)

Kapolda ingatkan pejabat utama Polda Papua lebih khusus pejabat yang baru fokus pada Kabupaten yang telah melaksanakan Pilkada, anggota harus monitor dan komunikasi kepada para Kapolres untuk sekedar mengingatkan terkait hal-hal yang menyangkut situasi kamtibmas maupun politik.

 “Beberapa faktor berpotensi akan mempengaruhi situasi kamtibmas di wilayah Papua kedepan yakni sidang penetapan hasil, putusan sidang gugatan para pihak, menjelang pelantikan para pejabat bupati dan Wakil Bupati, isu-isu politik yang berkembang di media sosial,” pungkasnya. (fia/wen)