Upacara serah terima jabatan lima Kapolres yang dipimpin Kapolda Papua di Mapolda Papua, Jumat (12/6) kemarin ( FOTO: Elfira/Cepos)

JAYAPURA- Beberapa penekanan dan pesan disampaikan Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw kepada lima Kapolres yang baru saja dilantiknya di Aula Rastra Samara Polda Papua, Jumat (12/6).

Sebagaimana mencermati perkembangan situasi dan dinamika di tengah masyarakat yang perlu menjadi perhatian dan atensi Polda Papua yaitu, melakukan pengecekan pendistribusian bantuan dari pemerintah kepada masyarakat terkait dampak Covid-19, baik bantuan dalam bentuk uang tunai maupun sembako.

Perbanyak patroli di malam hari, terkait pembatasan aktifitas masyarakat yang akan berdampak sepinya di jalan-jalan dan di pertokoan yang akan mengakibatkan meningkatnya kasus pencurian. Serta berbagai ancaman yang berpotensi akan mengganggu situasi Kamtibmas di Papua.

Antisipasi penyebaran Covid-19 dengan mempedomani maklumat Kapolri dan protokol kesehatan, mengingat jumlah Orang Tanpa Gejala (OTG) dan PDP yang terus meningkat di Provinsi Papua. Serta sosialisasikan kepada anggota dan masyarakat tentang New Normal, agar masyarakat mengetahui dan memahami apabila nanti di wilayah kita diberlakukan New Normal tersebut.

“Jadikan upacara pelantikan dan serah terima jabatan ini sebagai momentum untuk memicu peningkatan semangat loyalitas, dedikasi dan disiplin yang muaranya adalah untuk meningkatkan unjuk kerja kesatuannya masing-masing dan unjuk kerja Polri secara keseluruhan. Serta jadikan pekerjaan ini sebagai ladang amal kebaikan dan amal ibadah,” ucap Kapolda.

Dikatakan, serah terima jabatan dalam suatu organisasi adalah merupakan momentum penting sebagai upaya memenuhi kebutuhan organisasi, serta sebuah proses manajemen guna melakukan penyegaran dan regenerasi dalam memenuhi tuntutan tugas institusi, dimana tugas kita ke depan akan semakin kompleks dan dinamis.

Adapun upacara pelantikan dan serah terima jabatan Kabidkeu, Kayanma, Kapolres Biak Numfor, Kapolres Lanny Jaya, Kapolres Yahukimo, Kapolres Pegunungan Bintang dan Kapolres Mamberamo Raya Polda Papua.

Dimana AKBP Widianto Wahyu Nugroho yang sebelumnya menjabat sebagai Irbid Itwasda Polda NTB mendapat jabatan baru sebagai Kabidkeu Polda Papua mengantikan Kombes Pol Juhana Zulfan. Kasubdit Gakkum Dit Lantas  Polda Papua AKBP Gustaf F. Funay, menduduki Jabatan baru sebagai Kayanma Polda Papua. 

AKBP Mada Indra Laksana yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Biak Numfor Polda Papua menduduki jabatan baru sebagai Wadir Intelkam Polda Kalimantan Timur, digantikan oleh AKBP Murjatmo yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Lanny Jaya Polda Papua.

AKBP Daniel T. Prionggo yang sebelumnya menjabat sebagai Kabagkerma Roops Polda Papua menduduki jabatan baru sebagai Kapolres Lanny Jaya Polda Papua. AKBP Michael Mumbunan, yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Pegunungan Bintang Polda Papua menduduki jabatan baru sebagai Wadir Polairud Polda Papua dan digantikan oleh AKBP Ferdyan Indra Fahmi yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Gasum Dit Samapta Polda Papua.

AKBP Angling Guntoro yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolres Yahukimo Polda Papua menduduki jabatan baru sebagai Wadir Intelkam Polda Papua dan digantikan oleh AKBP Ignatius Benny Ady Prabowo yang sebelumnya menjabat sebagai Danden Gegana Satuan Brimob Polda Papua.

AKBP Alexander Louw SH yang sebelum menjabat sebagai Kapolres Mamberamo Raya digantikan dengan AKBP Hotman Hutabarat yang sebelumnya menjabat sebagai Kasubdit Binsatpam/Polsus Dit Binmas Polda Papua. (fia)