BERSITEGANG: Gelandang Persipura Jayapura, Thiago Amaral saat bersitegang dengan salah satu pemain PSIS dalam laga perdana Shopee Liga 1 2020 di Stadion Klabat, 1 Maret 2020. ( FOTO: Erick/Cepos)

* Breno: Boleh Lanjutkan Kompetisi Asalkan Protokol Kesehatannya Jelas

JAYAPURA-Legiun asing Persipura Jayapura  menyambut baik niat PSSI untuk melanjutkan kompetisi Liga 1 dan Liga 2. PSSI memberikan angin segar bagi sepak bola tanah air, dimana dalam rapat Exco PSSI menegaskan akan melanjutkan kompetisi.

Apalagi, kabarnya PSSI telah melakukan koordinasi bersama Kemenpora, Kemenkes, tim Gugus Tugas Covid-19 terkait lanjutan kompetisi ini.

Gelandang Persipura, Thiago Amaral mengatakan, langkah PSSI untuk kembali melanjutkan kompetisi menjadi kabar gembira bagi mereka yang menggantungkan kehidupannya dengan sepak bola.

“Saya senang juga karena kita bisa mengambil hidup kita kembali dan bekerja lagi, itu sebabnya kami tetap berada di Indonesia selama ini, bersedia untuk liga kembali,” ungkap Thiago kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Minggu (21/6) sore kemarin.

Pemain asal Brasil itu optimis, PSSI juga telah memiliki pedoman atau protokol kesehatan Covid-19 bila kompetisi kembali dilanjutkan.

“Saya sangat bersemangat untuk kembali ke liga, dan saya yakin PSSi akan membuat protokol yang baik untuk melindungi semua orang yang merupakan bagian dari permainan,” ujarnya.

Senada dengan itu, Takuya Matsunaga juga melayangkan pujian kepada PSSI yang telah memastikan melanjutkan kompetisi. Apalagi menurutnya, kita tidak harus selalu berada di rumah. Pasalnya tidak ada yang tahu pasti kapan virus corona akan berakhir.

“Ini waktu yang tepat. Kita tidak bisa menghentikan ekonomi lagi, kita punya hidup. Kami mendukung penuh PSSI melanjutkan liga,” tandasnya.

Secara terpisah, Pelatih Fisik Persipura Jayapura, Breno Araujo Rocha setuju bila kompetisi dilanjutkan pada bulan September. Tapi pelatih asal Brasil itu berharap, PSSI atau PT LIB selaku operator kompetisi telah memiliki protokol kesehatan yang dapat menjamin semua kontestan kompetisi aman dari virus corona.

“Saya sangat optimis jika saya benar-benar memulai kembali liga 1 pada bulan September. Kami tahu apa yang kami inginkan, dan yang pertama adalah bahwa semua orang aman dan sehat,” ungkap Breno kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Minggu (21/6) sore kemarin.

Kata Breno, yang paling penting, PSSI dan PT LIB harus mendapatkan izin dari pemerintah dan Satgas Covid-19.”Kita tidak bisa memaksakan dan kita tidak bisa melakukan tanpa izin,” ujarnya.

Meski PSSI sudah menentukan kembali melanjutkan kompetisi di bulan September, tapi ia belum bisa memastikan kapan mereka bisa kembali melakukan latihan secara reguler. “Kami belum tahu kapan kami akan latihan bersama, kami harus menunggu pemerintah,” tandasnya. (eri/nat)