Aktivitas pelayanan di Kantor Pos Cabang Jayapura, Kamis (27/8) kemarin. ( FOTO: Yohana/Cepos)

Aktivitas pelayanan di Kantor Pos Cabang Jayapura, Kamis (27/8) kemarin. ( FOTO: Yohana/Cepos)

JAYAPURA –Mulai lancarnya akses pengiriman barang melalui kapal laut dan udara, memberikan  dampak yang cukup baik terhadap layanan paket dan surat di PT. Pos Indonesia Cabang Jayapura.

 Kepala Kantor Pos Cabang Jayapura, Alex Nitalesy mengatakan, aktivitas pengiriman barang khusus untuk intra Papua memang belum begitu signifikan rutinitasnya, kecuali untuk pengiriman barang ke Timika.

 “Hal ini dikarenakan akses penerbangan untuk intra Papua tidak semua daerah dibuka oeprasionalnya setiap hari. Bahkan ada beberapa daerah yang pengiriman barangnya seminggu sekali bahkan lebih,”ungkap  Alex kepada Cenderawasih Pos, Kamis (27/8) kemarin.

 Diakuinya, selain intra Papua, untuk pengiriman keluar Papua seperti Jakarta, Makasar , Surabaya pengirimannya cukup lancar mengingat aktivitas pesawat dan kapal laut untuk wilayah-wilayah keluar Papua juga lancar.

 “Dalam hal ini kami selalu menginformasikan kepada pelanggan atas kondisi yang dialami saat ini. Mengharuskan batas waktu pengiriman kadang tidak sesuai dengan mekanisme yang berlaku pada saat kondisi pengiriman normal,” tambahnya.

 Diakuinya.khusus untuk transaksi retail  cukup mengalami penurunan semenjak adanya dampak Covid-19, yang mana penurunanya di angka 20 persen. Tidak seperti sebelum-sebelumnya.

“Rata-rata transaksi retail dalam sebulan bisa mencapai Rp 1,5 miliar. Hanya saja sampai dengan saat ini berkisar di angka Rp 900 juta – Rp 1 miliar. Hal ini dikarenakan kendala alat angkut transportasi pada masa pandemic Covid-19,” terangnya. (ana/ary)