Bupati Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd ketika menanam bibit buah mangga dalam acara penghijauan di Lanudal Biak di HUT-nya yang ke-8, Senin (9/3) kemarin ( FOTO: Fiktor/Cepos)

BIAK-Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Biak melakukan penghijauan dengan menanam bibit pohon di atas lahan 2 hektar, Senin (9/3) kemarin. Penanaman secara simbolis bibit buah-buahan itu dilakukan langsung oleh Bupati Biak Numfor Herry Ario Naap, S.Si.,M.Pd, Ketua DPRD Kabupaten Biak Numfor Milka Rumkorem,  Komandan Lanudal Biak Mayor Laut (T)  Moeis syaifudin ST, MM dan sejumlah undangan lainnya.

  Penghijauan itu dilakukan sebagai bagian dari rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Lanudal Biak ke-8. Selain penanaman bibit buah-buahan juga dilakukan peresmian green house atau rumah kaca yang didalamnya diisi dengan sejumlah bibit tanaman anggrek. Adapun sejumlah bibit yang dilakukan dalam kegiatan penghijauan itu antara lain bibit durian, bibit mangga dan bibit matoa.

  Komandan Lanudal Biak Mayor Laut (T)  Moeis syaifudin ST, MM mengatakan, bahwa penghijauan yang dilakukan pihaknya pada dasarnya sebagai salah satu bentuk komitmen dalam mendukung pemerintah daerah melakukan penghijauan dengan penananam berbagai bibit buah-buahan.

  “Kegiatan penghijauan ini tidak dilakukan hanya sebagai kegiatan seremonial, namun kami akan tindaklajuti sehingga dalam beberapa tahun kedapan yang ditanam ini membuahkan hasil. Bibit buah-buahan yang ditanam akan dirawat dan dijaga sampai berbuah,” katanya.

  Sementara itu Bupati Herry Naap, S.Si.,M.Pd menyambut baik penghijauan yang dilakukan oleh Lanudal Biak. Herry Naap berharap, apa yang dilakukan oleh Lanudal Biak juga dilakukan oleh sejumlah instansi atau institusi terkait lainnya di Kabupaten Biak Numfor.

  “Pemerintah Kabupaten Biak  Numfor memberikan apresiasi dengan penghijauan yang dilakukan oleh Lanudal Biak, kegiatan-kegiatan penghijauan seperti ini akan terus dilakukan dan diharapkan juga diikuti instansi lainnya. Ini penting untuk tetap menjadikan Biak Numfor tetap hijau dan rindang,” ujarnya.

  “Kebetulan ada semua perkilan dari Guskamla Koarmatim III, Lanal Biak dan Lanudal ada, maka saya sampaikan kalau bisa kedepan khusus untuk penerimaan anggota baru memberikan ruang yang besar bagi anak-anak asli Biak, kalau bisa ada jatah khusus untuk masuk TNI AL,” pinta Bupati sambil menutup sambutannya.(itb/tri)