Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw

PON 2020 Papua

JAYAPURA- Kendati PON baru akan digelar pada Oktober mendatang, namun Polda Papua dan Pangdam XXVI/Cenderawasih serta unsur terkait lainnya sudah membicarakan langkah-langkah pengamanan yang akan dilakukan untuk mengamankan agenda nasional yang sangat menyita perhatian itu.

Terkait dengan rencana pengamanan tersebut, Polda Papua akan melaksanakan operasi khusus kepolisian dengan sandi operasi “Aman Raga MKatoa 2020”. Hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi atas potensi ancaman dan gangguan yang diperkirakan akan menganggu keamanan dan kelancaran penyelenggaraan PON XX tahun 2020. 

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw menyampaikan, dalam pengamanan Polda Papua diback up Kodam XVII Cenderawasih dan instansi lainnya. Dimana sebanyak 5 ribuan lebih personel yang akan diterjunkan untuk mengamankan suksesnya penyelenggaraan PON.

“Teknis pengamanan akan dilakukan secara terbuka dan tertutup dengan menempatkan personel pengamanan dan pengawalan pada venue serta seluruh obyek kegiatan. Sistem pengamanan akan dilaksanakan secara refresif, persuasif serta preventif. Hal ini didasari atas pertimbangan potensi gangguan kamtibmas di masing – masing wilayah,” ucap Kapolda usai kegiatan Rapat Pimpinan TNI-Polri dalam rangka kesiapan pengamanan Pilkada Bupati/Wakil Bupati 11 Kabupaten dan PON XX Tahun 2020 di Provinsi Papua di Aula Elsama Numberi SPN Polda Papua, Jumat (20/3).

Sementara itu, Pangdam XVII/Cenderawasih Mayjen TNI Herman Asaribab menyampaikan pihaknya tetap mendukung dan membackup Polda Papua dalam hal mengamankan PON. Bahkan menyediakan fasilitas yang dimiliki oleh Kodam sendiri.

“Yang pasti kami siap mengamankan PON membackup Polda Papua,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Sekda Provinsi Papua T.E.A Hery Dosinaen berharap semua dapat bersatu terutama dalam memberantas virus corona di tanah Papua. Serta mensukseskan penyelenggaraan PON XX 2020. 

Sementara itu, Ketua DPRP Jhony Banua Rouw meminta para Kepala daerah dapat mendukung persiapan dan pelaksanaan PON. 

“Untuk PON XX 2020 kami ingin Papua dapat sukses dalam prestasi dan penyelenggaraan. Kami siapkan 380 Miliar untuk penyelenggaraan PON, sehingga jangan sampai pelaksanaan tidak berjalan dengan baik. Serta diharapkan berprestasi hal ini bertujuan untuk meminimalisir ketidakpuasan masyarakat Papua akan prestasi dan penyelenggaraan PON XX 2020,” ucapnya. (fia/gin)