Pelaku HM Alias Castol saat diamankan bersama Barang Bukti sebilah parang di Mapolres jayawijaya yang dalam keadaan mabuk berat. ( FOTO: Dok Polres Jayawijaya)

WAMENA – Seorang Pemuda yang dalam keadaan mabuk berinisial HM alias Castol diamankan aparat kepolisian dari Polres Jayawijaya usai menjadi bulan -bulanan warga hingga babak belur  lantaran yang bersangkutan mencoba untuk melakukan aksi begal kepada korban Vera Fittri (42) di jalan jalan Diponegoro Wamena Senin (25/1) kemarin sekitar pukul 19.00 wit.

Usai pelaku HM alias Castol ini diamankan Polisi juga mengamankan sebuah kendaraan sepeda motor Supra X tanpa nomor polisi dan sebilah parang yang digunakan pelaku yang dalam keadaan mabuk berat untuk melakukan aksi kejahatan bersama dengan temannya yang sampai saat ini masih dilakukan penyelidikan lantaran melarikan diri usai dihadang warga saat melakukan aksi begal.

Kapolres Jayawijaya AKBP Dominggus Rumaropen, S.Sos, MM  ketika di Konfirmasi membenarkan adanya percobaan pembegalan yang digagalkan warga dan pelaku dihajar masa hingga babak belur  sehingga langsung diamankan oleh personil piket funggsi dalmas yang bertugas saat itu.

“ Saat mencoba melakukan begal kepada korban, kedua Pelaku yang dalam keadaan mabuk mencoba melakukan pencurian dengan kekerasan tetapi korban berusaha menghindar dan dibantu warga setempat berhasil mengamankan satu pelaku sedangkan satu pelaku melarikan diri,”ungkapnya Selasa (26/1) kemarin.

Kapolres juga menyatakan hingga saat ini jajaran Polres Jayawijaya masih melakukan pengejaran terhadap satu pelaku lainnya yang berhasil melarikan diri. Sementara pelaku HM alias Castol sejak semalam juga belum bisa dimintai keterangan lantaran dalam keadaan mabuk berat.

“Sekali lagi karena mabuk dan membawa sajam kembali berbuah  masalah dengan melakukan percobaan pembegalan kepada orang lain, beruntung pelaku dapat diselamatkan aparat dari amukan warga sekitar,”jelasnya

Secara terpisah Kasat Reskrim Polres Jayawijaya Iptu Mattinetta S.Sos, MM menjelaskan jika dari Kronolisnya, Berawal dari Korban yang baru mentrasfer uang di BRI Link Jalan Safri darwin lalu hendak pulang ke rumahnya sesampainya di Jalan Thamrim depan Pondok Gizi korban di pepet oleh Ke-2 Pelaku tetapi korban menghindar,

pada saat korban melewati pertigaan Jalan Yos Sudarso Lorong PLN, Korban di Tebas oleh Pelaku 1 dengan menggunakan Parang tetapi korban menghindar dan menuju jalan Diponegoro ujung, Rumah korban tetapi ke -2 Pelaku tetap mengejar korban dengan parang.

“ Korban berhenti depan rumah korban sambil berteriak minta tolong kemudian muncul masyarakat di sekitar Rumah korban dan mengamankan Pelaku HM alias Castol,  sementara Pelaku 2 melarikan diri, Personil Piket Fungsi dan Dalmas yang merespon langsung menuju TKP dan Mengamankan Pelaku HM,”tutupnya. (jo)