Skuat Persipura Jayapura saat mengikuti latihan di Stadion Mandala Jayapura, beberapa bulan lalu.  ( FOTO: Erik/Cepos)

JAYAPURA-Persipura Jayapura akan melakoni jadwal super padat kompetisi Shopee Liga 1 2019  pada bulan November. 

PT LIB selaku operator liga menjadwalkan Persipura bermain sebanyak enam pertandingan dalam sebulan.

Bahkan, dari enam partai tersebut Persipura akan diperhadapkan dengan enam tim raksasa sepakbola tanah air sekaligus. Mulai dari Madura United, Bhayangkara FC, Bali United, PSM Makassar, Persebaya Surabaya dan Persija Jakarta. 

Minggu 3 November, Persipura akan menantang tuan rumah Madura United. Kemudian pada tanggal 7 November menjamu Bhayangkara FC, dan kembali menjamu Bali United 11 November.

Setelah laga kandang melawan Bali United, Persipura bertandang ke markas PSM Makassar 16 November dan kembali menjamu Persebaya Surabaya 24 November. Setelah itu, Persipura kembali melakoni laga away menantang tuan rumah Persija Jakarta 28 November.

Dengan jadwal yang begitu padat, sang pelatih Jacksen Tiago harus bijak dalam memoles skuatnya. Pasalnya jadwal padat ini,  sangat berisiko terhadap pemain. Pemain menurutnya rentan dengan cedera, serta perjalanan yang begitu panjang juga akan menguras habis stamina Boaz Solossa dan kawan-kawan. 

Apalagi Persipura harus bisa mendulang poin agar tetap berada di papan atas. Terutama saat menjamu Bali United, Persipura harus bisa mengamankan tiga poin agar bisa memangkas jarak dari sang pemuncak klasemen tersebut. 

Meski diperhadapkan jadwal padat dengan lawan-lawan yang memiliki nama besar di kancah sepak bola Indonesia, sang pelatih Jacksen F. Tiago tetap stay cool. Menurutnya, hal tersebut sering ia alami bersama timnya Persipura sejak dulu.

“Kami sudah terbiasa dengan jadwal seperti ini, dan kami akan tetap siap dengan jadwal seperti ini,” tegas Jacksen kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Kamis (31/10) siang kemarin.

Sementara itu, pemain mungil Persipura Jayapura, Todd Rivaldo Ferre juga mengatakan hal yang sama. Menurutnya, ia bersama rekan-rekannya tetap siap melakoni padatnya pertandingan tersebut.

“Meski jadwal padat, kami sangat siap untuk menghadapi semua pertandingan di bulan November, meski jarak pertandingannya hanya punya waktu jeda 4 hari saja tapi kami semua harus tetap siap,” tandasnya.(eri/nat)