dr. Nevile R. Muskita  (FOTO: Sulo/Cepos)

MERAUKE – Dua dari 5 pasien positif Covid-19 yang sedang menjalani perawatan secara intensif oleh tenaga medis  di RSUD Merauke dinyatakan sembuh. Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Merauke dr Nevile R. Muskita, yang juga juru bicara Covid-19 Kabupaten Merauke mengungkapkan bahwa dari hasil pemeriksaan swab tenggorokan dari 5 pasien Corona yang dikirim ke Litbangkes Jakarta, 2 diantaranya negatif atau dinyatakan sembuh. 

  Kedua pasien Covid-19 yang sembuh tersebut adalah pasien nomor 25 dan pasien nomor 33. Sedangkan 3 pasien lainnya masih positif. “Tentunya ini kabar yang menggembirakan bahwa secara perlahan-lahan pasien positif Corona yang kita rawat bisa sembuh,” kata Nevile. 

  Selain 2 pasien Corona Merauke yang sembuh tersebut, satu dari 2 pasien dari Boven Digoel yang merupakan pasangan suami istri dinyatakan sembuh. Yang sembuh adalah suaminya.”Justru suaminya yang belakangan masuk justru sembuh duluan. Sementara istrinya masih positif,” jelasnya. 

  Dengan begitu, jumlah pasien positif yang dirawat di RSUD Merauke  per tanggal 6 Mei 2020 sebanyak 3 pasien dari Merauke dan 1 Pasien dari Boven Digoel. Selain pasien sembuh tersebut, Nevile menjelaskan bahwa ada juga 1 tambahan pasien dalam pengawasan (PDP) yang dirawat di RSUD Merauke, sehingga jumlah pasien  PDP yang dirawat  per tanggal 6 Mei sebanyak 2 orang. 

  Selain tambahan PDP tersebut juga terjadi tambahan Orang Dalam Pemantauan (ODP). Jika sehari sebelumnya, ODP berjumlah 101 orang maka Rabu (6/5) kemarin bertambah menjadi 110 orang. Penambahan ODP ini karena adanya tambahan satu PDP. Dengan sembuhnya 2 pasien positif Corona tersebut, maka total yang sudah sembuh dari Covid-19 di Merauke sebanyak 10 orang. Sedangkan yang dinyatakan sehat sebanyak 20 orang. Yang masuk dalam kategori sehat adalah orang yang sebelumnya dirawat dengan status PDP namun setelah dilakukan pemeriksaan klinis, ternyata hasilnya negatif atau tidak terpapar Corona. (ulo/tri)