Satgas Covid-19 Kota Jayapura  saat dilakukan rapid test antigen terhadap penumpang KM Dobonsolo di Pelabuhan Laut Jayapura, Senin (7/6). ( FOTO: Humas Polresta Jayapura Kota)

JAYAPURA-Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Jayapura kembali menggelar operasi yustisi saat KM Dobonsolo sandar di Pelabuhan Jayapura, Senin (7/6). 

Dari hasil rapid tes antigen terhadap penumpang KM Dobonsolo yang berasal dari luar Papua, ditemukan dua orang penumpang terkonfirmasi positif Covid-19. 

Kabag Ops Polresta Jayapura Kota, AKP. Langgeng Widodo mengatakan, dua penumpang positif yang turun di Pelabuhan Jayapura berasal dari Kota Ambon dan Bau-Bau dengan tujuan Hamadi Rawa dan Kabupaten Merauke. Kedua penumpang tersebut telah ditangani oleh petugas Karantina Kesehatan Pelabuhan (KKP) Jayapura untuk ditindaklanjuti.

“Kegiatan operasi yustisi yang digelar di pelabuhan guna mencegah masuknya virus Covid-19 dengan dilakukan pemeriksaan rapid antigen terhadap penumpang yang turun,” ungkapnya, kemarin (7/6). 

Dijelaskan, penumpang dari KM Dobonsolo yang turun di Pelabuhan Jayapura sebanyak 950 orang. Dari jumlah tersebut, 501 orang penumpang menjalani pemeriksaan rapid antigen dan hasilnya dua orang terkonfirmasi positif Covid-19.

 Adapun hasilnya nanti diisolasi mandiri atau dilakukan karantina tergantung dengan penanganan yang dilakukan oleh petugas KKP Jayapura melalui koordinasi dengan Satgas Covid-19 Kota Jayapura.

Operasi Yustisi yang digelar kemarin,  dipimpin langsung Kabag Ops Polresta Jayapura Kota, AKP. Langgeng Widodo bersama didampingi Kasat Pol-PP Kota Jayapura, Mukhsin Ningkeula, Kasi KBPP Kelas II Ferdinan Seralin, Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas II Jayapura Herold Pical, Kepala Dinas Perhubungan Kota Jayapura, J. Sitorus, Kapolsek KPL Jayapura Iptu Enis Romony, dengan melibatkan 50 personel aparat gabungan TNI-Polri, Satpol PP Kota Jayapura dan instansi terkait. (fia/nat)