Beranda BERITA UTAMA Laga Krusial

Laga Krusial

0
Laga Krusial
Mamadou Samassa ( FOTO : Erik/Cepos)

JAYAPURA-Laga lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 2019 pekan kelima yang mempertemukan tuan rumah Persipura Jayapura dan tamunya Semen Padang di Stadion Mandala Jayapura, Jumat (28/6) sore nanti akan menjadi laga krusial bagi kedua juru taktik kedua tim yang berlaga. 

Di awal kompetisi, kedua tim memiliki start yang kurang baik. Dimana baik Mutiara Hitam julukan Persipura maupun Kabau Sirah julukan Semen Padang bernasib sama yaitu belum sekalipun meraih kemenangan dan hanya mampu mengumpulkan 2 poin dari empat laga yang telah mereka lakoni. 

Saat ini kedua tim berada di zona degradasi klasemen sementara Shopee Liga 1 2019. Persipura Jayapura berada di peringkat 16 dan Semen Padang berada satu tangga di atas Persipura.

Dengan kondisi ini, nasib Pelatih Persipura Jayapura Luciano Leander dan Pelatih Semen Padang, Syafrianto Rusli berada di ujung tanduk. Pasalnya, manajemen kedua tim baik Persipura maupun Semen Padang, telah memberikan warning untuk mengeveluasi kedua pelatih apabila tak kunjung memberikan kemenangan bagi timnya. 

Pelatih Kepala Persipura Jayapura, Luciano Gomes Leandro mengaku sudah melakukan evaluasi mengenai kesalahan dalam beberapa pertandingan yang sudah dilakoni timnya.

“Saya sudah sampaikan kepada pemain untuk terus kompak, seperti saat babak pertama dalam tiga partai terakhir. Harus kerja keras hingga babak terakhir untuk kita bisa raih kemenangan,” ungkap Luciano kepada awak media dalam konfrensi pers, Kamis (27/6).

Menurutnya, kemenangan akan menjadi harga mati untuk bisa mendongkrak posisi timnya dari papan bawah. “Memang kita belum raih kemenangan, tapi kita tetap optimis dengan apa yang kita lakukan. Karena apa yang kami lakukan ini sudah benar, dan semoga Tuhan bisa jawab usaha kita untuk bisa dapat tiga poin,” ujarnya.

“Saya optimis jika pemain bisa berikan 100 persen di lapangan, pasti kita bisa raih kemenangan. Karena saya juga tidak suka dengan kondisi Persipura saat ini,” sambungnya.

Pelatih berpaspor Brasil itu menuturkan bahwa ada beberapa lini yang menjadi fokus utama dalam pertandingan. Berkaca dari empat pertandingan yang sudah dilakoni, Boaz Solossa dan kawan-kawan masih rawan dengan benteng pertahanan.

“Kita sudah lakukan beberapa latihan dan komunikasi dengan pemain. Kita tidak hanya fokus untuk mencari tiga poin. Tapi kita juga lebih fokus untuk bertahan. Jadi saya pikir dalam pertandingan kita lebih siap dan optimis bisa dapat hasil bagus,” katanya.

Mantan juru taktik PSM Makassar ini juga membeberkan bahwa beberapa pemainnya yang sempat mengalami cedera pada laga sebelumnya kini bisa merumput. Hanya saja, gelandang enerjiknya Imanuel Wanggai dan Marinus Wanewar yang dipastikan absen.

“Ian Kabes, Oh In Kyun, Todd Ferre, Ronaldo dan Tibo sudah oke. Mereka bisa ikut kita di pertandingan. Tibo sudah sampaikan kepada kita kalau sudah sangat siap. Dan kalau Manu dia baru bergabung dalam latihan dan lebih baik kita kehilangan pemain dalam satu pertandingan dari pada harus mengambil risiko dan akan kehilangan Manu lebih dari satu pertandingan,” bebernya.

Sementara itu pemain muda Persipura, Kevien Rumakiek mengatakan, dirinya bersama dengan rekan-rekannya sudah melakukan evaluasi mengenai penyebab kekalahan mereka dan kini siap untuk mempersembahkan kemenangan perdana.

“Kita sudah evaluasi apa yang menjadi penyebab kekalahan kita kemarin dan kita sudah perbaiki semua dalam latihan. Untuk pertandingan besok (hari ini, Red) kami sudah siap dan bisa mengamankan tiga poin dikandang kita,” tegasnya.

Sementara itu, lawan Persipura Semen Padang FC datang ke Jayapura dengan membawa 16 orang pemain. Meskipun demikian, Kabau Sirah tetap menargetkan mencuri poin di Stadion Mandala seperti yang telah dilakukan PSS Sleman saat menahan imbang Persipura di laga kandang perdana tanggal 31 Mei 2019 lalu. 

Pelatih Kepala Semen Padang FC, Syafrianto Rusli menjelaskan, anak asuhnya dalam kondisi siap untuk merebut poin di Stadion Mandala.

“Semua pemain yang kami bawa dalam kondisi siap, untuk menghadapi tuan rumah. Kami menargetkan mampu mencuri poin di kandang Persipura,” tegasnya.

Syafrianto Rusli mengakui, tidak mudah untuk mencuri poin di Stadion Mandala. Sebab tim yang akan mereka hadapi merupakan tim bagus. Oleh sebab itu, anak asuhnya harus bermain fokus dan disiplin dalam menjaga pemain Iawan.

 “Persipura merupakan tim bagus, mereka baru sekali main di kandang. Kita tidak bisa berpatokan dengan hasil mereka di kandang pertama itu. Yang jelas dalam laga besok (hari ini) kita akan hati-hati dan akan mencoba menekan sejak awal laga. karena itu akan lebih bagus,” bebernya.

Menurutnya, Persipura memiliki materi pemain yang memiliki kualitas yang merata. Baik itu pemain senior maupun pemain muda. 

“Ada banyak muncul pemain muda yang potensial, dan juga masih dihuni dengan pemain senior seperti Boaz Solossa, Titus Bonai dan Ricardo Salampessy yang setia bersama tim ini. Untuk itu, kami wajib mewaspadai itu.” ujarnya.

Sementara mantan gelandang Persipura Jayapura U-21 yang kini berseragam Semen Padang FC, Fridolin Yoku menegaskan, dirinya bersama dengan rekan-rekannya siap mencuri poin di Stadion Mandala.

“Siap memberikan kontribusi untuk mencuri angka. Kami sudah siap dan mengikuti intruksi pelatih. Saya pribadi berharap di laga ini bisa meraih hasil terbaik,” pungkasnya. (eri/nat)

error: Content is protected !!