Persipura Vs Persebaya

Pemain Persipura Jayapura, Titus Bonai, saat mengikuti latihan di Stadion Mandala Jayapura beberapa bulan yang lalu.

JAYAPURA – Tim Persipura Jayapura kembali menjamu tamunya Persebaya Surabaya pada lanjutan kompetisi Shopee Liga 1 yang akan berlangsung di Stadion Aji Imbut Tenggarong, Minggu (24/11) sore besok pukul 20.30 WIT. 

  Persipura dalam laga ini dipastikan tampil tanpa beberapa pilarnya, seperti Boaz Solossa, Mamadou Samassa, dan Marinus Wanewar yang masih dibekap cedera. Selain ketiga juru gedor tersebut, Persipura juga dipastikan pincang di lini tengah, dua gelandang nya Ibrahim Conteh dan Muhammad Tahir harus menjalani hukuman akumulasi kartu kuning. 

  Tak hanya itu, kondisi sulit yang kini dihadapi oleh tim Mutiara Hitam kian dipersulit dengan absenya Israel Wamiau yang juga menjalani sanksi larangan bermain 4 pertandingan. 

   Tentu kondisi tersebut membuat sang pelatih Jacksen F. Tiago harus ekstra putar otak. Pasalnya timnya harus bisa mengakhiri puasa kemenangan, dimana tiga pertandingan terakhir gagal meraup poin maksimal. 

 Apalagi posisi (dua) mereka sebelumnya kini diambil alih oleh Borneo FC yang sukses meraih kemenangan 1-0 atas PSS Sleman dan menempati posisi kedua dengan mengemas 45 poin, unggul 1 (satu) angka atas Persipura yang menempati peringkat ketiga. 

  Namun Persipura tidak perlu khawatir, pasalnya tim tamu pun juga datang dengan kondisi yang sama, tim berjuluk Bajul Ijo itu juga tidak akan diperkuat 7 pilarnya. 

 Airyn Williams, Muhammad Hidayat, Novan Setya Sasongko, Otovio Dutra juga menjalani sanksi akumulasi kartu kuning. Osvaldo Haay dan Rachmat Irianto sedang memperkuat Timnas U-23, serta Irvan Jaya yang kurang fit. 

 Tentu dengan absennya beberapa pemain penting Persebaya dan Persipura, laga diprediksi akan berjalan sengit. Namun Persipura harus ekstra hati-hati, sebab Persebaya kini dalam performa baik, usai menggilas PSM Makassar dengan skor 3-2. Sementara Persipura justru dilaga terakhir menelan kekalahan 4-0 dari PSM Makassar di Stadion Andi Mattalata Makassar.

  Sang pelatih, Jacksen F. Tiago, mengaku, bahwa laga ini akan terasa sulit. Pasalnya ia menilai timnya tanpa sang kapten Boaz Solossa membuat timnya sedikit melempem. Apalagi dalam laga ini, juga kehilangan Ibrahim Conteh dan Muhammad Tahir yang selalu menjadi pilihan utama disetiap pertandingan.

  Ia menilai, peran Boaz mampu menggangu psikologi tim lawan. Serta sosok Boaz dalam tim juga menjadi magnet semangat timnya. 

“Beberapa pemain masih mengeluh sakit, dan beberapa pemain absen dalam pertandingan akibat cedera dan akumulasi. Tapi saya akan tetap persiapkan tim seperti biasanya, semua evaluasi kami akan lakukan untuk bisa meraih hasil yang baik dipertandingan ini (Persebaya),” ungkap Jacksen kepada Cenderawasih Pos via telepon selulernya, Jumat (22/11) siang kemarin. 

  Jacksen yang yakin, dalam laga ini mereka bisa kembali meraih tiga poin serta mengambil alih posisi kedua dari Borneo FC. Menurut Jacksen menjadi tim musafir membuat mereka kewalahan, hal itu yang membuat performa penampilan anak asuhnya tidak maksimal.

“Tidak mudah kita selama 4 (empat) bulan menjadi tim musafir pindah sana sini, itu adalah sesuatu yang seharusnya tidak terjadi, alhasil kita tim pelatih dan manajemen harus mencari solusi. Dan performa kita semua tidak sesuai yang diharapkan, tapi kita tahu lawan berat dan ini adalah tanggungjawab saya untuk menyiapkan tim ini, dan semoga dukungan doa dari masyarakat Papua kami bisa dapat hasil yang baik,” tandasnya. (eri).

SUSUAN PEMAIN PERSIPURA (4-3-3)

Dede Sulaiman, Yohanis Tyoe, Andre Ribeiro, Ricardo Salampessy, Yustinus Pae, Ronaldo Meosido, Ian Kabes, Oh In-kyun, Todd Rivaldo Ferre, Titus Bonai, Ronaldo Wanma.