JAYAPURA- Ketua KPU Pegunungan Bintang Titus Lao Mohy mengatakan bahwa pihaknya siap mengelar Pilkada serentak  9 Desember 2020. Hal ini menyusul hasil rapat dengar pendapat  antara DPR RI,  Menteri Dalam Negeri dan Komisi Pemilihan Umum serta Bawaslu RI dan DKPP  pada 27 Mei 2020.

  “Intinya telah menyepakati bersama bahwa Pilkada akan dilaksanakan  9 Desember 2020 mendatang.”ungkap Lao Mohy saat dihubungi Cenderawasih Pos, kemarin.  

  Karena itu, lanjut Lao,  KPU Pegubin akan melanjutkan sejumlah tahapan Pilkada yang tertunda, mulai dari Pelantikan PPS dan juga Bimtek PPD serta pemutakhiran data pemilih. Menurut Lao, untuk pendaftaran calon perseorangan memang telah ditutup pada 24 Februari 2020 lalu dan tidak ada satupun pasangan calon perseorangan. Kini, pihaknya focus untuk pendaftaran calon dari Partai politik. 

  “Kami KPU Pegubin saat ini focus untuk pendaftaran calon pasangan dari jalur Partai. Informasi  yang beredar di masyarakat bahwa ada calon pasangan perseorangan itu tidak  benar,”ujar Lao.

  Ditambahkan bahwa untuk tahapan Pilkada akan dimulai 15 Juni mendatang untuk sisa tahapan yang tertunda. ‘Kami siap menyukseskan Pilkada 9  Desember mendatang,”pungkasnya. (oel/tri)