PON 2021 Papua

JAYAPURA – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Papua menargetkan seluruh atlet, pelatih, official dan pengurus telah tervaksin Covid-19 tahap pertama di bulan Juni.

Koordinator Medis KONI Papua, dr Billy Heumese mengatakan bahwa vaksinasi tahap pertama mereka awali bagi cabang olahraga yang masih melakukan pemustaan latihan di Kota dan Kabupaten Jayapura. 

“Targetnya bulan Juni seluruh atlet, pelatih, official semua sudah tervaksin Covid-19, karena kami di sini sebagai medis KONI, maka kami hanya mengurusi atlet KONI Papua saja,” ungkap dr Billy kepada Cenderawasih Pos saat ditemui di kantor KONI Papua, Sabtu (20/6).

“Hari ini (Sabtu-red) kita mulai vaksinasi tahap pertama buat atlet, pelatih, official dan pengurus KONI Papua. Prosesnya di mulai dengan pendaftaran. Setelah itu screening dan pemeriksaan fisik secara umum, tensi, nadi dan suhu, setelah semua terpenuhi baru divaksin, itu tentunya tim medis KONI tetap mengawali dengan tetap menjalankan protokol kesehatan dengan ketat,” ujar dr Billy.

Menurut dokter Billy, sesuai data yang mereka terima, total keseluruhan atlet, pelatih, official dan pengurus KONI Papua berjumlah 400-500 orang yang menjalani vaksinasi.

“Sesuai dengan data yang ada di Jayapura, sesuai dengan Cabor yang belum melakukan try out dan masih berada di Jayapura, ditambah dengan pengurus KONI Papua kisaran 400-500 orang,” ucap dr Billy

Dokter Billy juga menuturkan, bahwa ada beberapa yang tidak bisa divaksin, karena memiliki riwayat penyakit serta sedang dalam proses pemulihan.

“Ada yang belum memenuhi syarat untuk vaksin, baik itu ada penyakit bawaan atau yang sedang dalam pengobatan itu masih dalam pemeriksaan. Dan itu butuh rekomendasi dari dokter spesialis,” kata dr Billy.

Sementara yang berada di luar Papua, kaya dr Billy, pekan ini mereka akan berkunjung ke daerah-daerah dimana para atlet Papua sedang menajalani pemusatan latihan.

“Untuk Cabor yang di luar Papua, minggu depan rencananya ada tim yang akan berangkat untuk berkoordinasi dengan dinas-dinas kesehatan di kota-kota setempat unuk dilakukan vaksinasi khusus atlet Papua,” pungkas dr Billy. (eri/gin).