Benhur Tomi Mano ( FOTO : Erik / Cepos)

JAYAPURA-Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Jayapura terus menyiapkan diri jelang Pekan Olahraga Nasional (PON) ke XX, Tahun 2020 mendatang di tanah Papua.

Ketua Umum KONI Kota Jayapura Benhur Tomi Mano dalam  Rapat Anggota Tahunan (RAT), yang berlangsung di GOR Waringin Kotaraja, Sabtu (25/5) mengatakan, Kota Jayapura siap sukseskan PON XX Tahun 2020 di Provinsi Papua.

“Disini kita bicara khusus untuk Kota Jayapura, bagaimana persiapan kita menuju PON 2020. Kita siap sukseskan PON 2020, satu hati satu tekat raih prestasi olahraga demi harkat dan martabat Papua,”ungkap pria yang akrab disapa BTM kepada awak media di sela-sela RAT KONI Kota Jayapura.

Dalam RAT ini, BTM mengundang semua stakeholder yang terlibat dalam mendukung suksesnya olehraga empat tahunan tersebut. Mereka diberikan kesempatan untuk memaparkan kesiapan mereka.

“Saya juga mengundang Ketua PHRI, saya mau pastikan berapa jumlah hotel di Kota Jayapura dengan kapasitas kamar yang ada. Kemudian asrama-asrama yang dikelola oleh pihak swasta dan pemerintah harus diverifikasi, AC-nya bagaimana dan tempat tidurnya,” jelasnya.

“Berapa venue yang akan dibangun baru, berapa yang direhab dan inventaris, jangka waktunya harus jelas selesai kapan, berapa Cabor yang telah diputuskan yang akan di pertandingkan supaya kita fokus menyiapkan tempatnya,” sambungnya.

Dalam RAT ini juga BTM meminta kepada Dinas Perhubungan untuk menyampaikan kesiapan mereka dalam penyediaan transportasi. Begitupun dengan Dinas Pertanian yang diminta memaparkan kesiapan mereka jelang pesta olahraga tersebut.

“Begitu juga dengan pemadam kebakaran, PDAM, saya minta PDAM di tempat-tempat umum harus siapkan air yang langsung bisa diminum dan hotel-hotel harus ada loundry, jangan sampai pakaian di loundry hilang dan tidak boleh barang hilang di hotel,” katanya.

Selain itu, dalam RAT ini juga membahas bagaimana persiapan atlet yang disiapkan untuk Papua. “Cabor yang ada di Pengurus Kota juga harus menyiapkan laporan mereka. Karena laporan dari KONI Papua, atlet terbanyak itu dari Kota Jayapura. Kita menyumbang atlet banyak dan juga kita harapkan atlet dapat menyumbangkan medali pada PON nantinya,”tutupnya. (eri/tho)