Persipura Jayapura

JAYAPURA – PSSI dan PT LIB secara resmi telah menunda lanjutan kompetisi Liga 1, Liga 2 dan Liga 3 hingga bulan Februari 2021 mendatang. Putusan tersebut menjadi pukulan bagi setiap klub dan pemain yang telah melakukan persiapan cukup lama.

Khusus Liga 1 sedianya akan dilanjutkan pada awal Oktober 2020 silam, namun tidak adanya lampu hijau dari pihak Kepolisan membuat federasi dan operator kompetisi haru menunda kompetisi hingga tahun depan.

Akibat penundaan kompetisi yang terus berlarut-larut, membuat duo asing Persipura, Sylvano Comvalius dan Arthur Cunha harus angkat kaki dan keduanya memilih berlabuh bersama tim Malta.

Selain Sylvano dan Arthur yang meninggalkan Indonesia, dua asing Persipura lainnya, Takuya Matsunaga dan Thiago Amaral juga kini pamitan untuk kembali ke negara masing-masing.

Thiago Amaral kini berada di negara asalnya Brasil, sementara Takuya Matsunaga berada di Estonia, negara tunangannya. Keduanya pamitan setelah kompetisi dipastikan dilanjutkan tahun depan.

Tapi Thiago maupun Takuya mengaku tetap akan bersama Persipura di musim 2020/2021. Khusus Thiago yang kontraknya akan berakhir pada awal Januari 2021 berharap masih bisa menjadi bagian panji pasukan Mutiara Hitam hingga akhir musim 2020/2021.

“Saya berharap menemukan kesepakatan untuk terus bertahan di tahun 2021. Saat ini saya kembali ke Brasil untuk sementara waktu,” ungkap Thiago kepada Cenderawasih Pos saat dihubungi via telepon selulernya, Selasa (17/11).

Meski berada di negeri Samba, Thiago mengaku tetap melakukan latihan guna menjaga kondisi tubuhnya agar tetap fit jelang kompetisi bulan Februari 2021.

“Saya tetap latihan, dan tetap kembali bersama Persipura, karena Persipura sudah menjadi rumah kedua saya,” ujar pemain berusia 28 tahun itu.

Sementara itu, Takuya yang masih di negara tunangannya (Estoni) juga menegaskan tetap setiap bersama Persipura. Bahkan ia mengaku tak ingin buru-buru membahas kontraknya akan juga akan berakhir di bulan Januari 2021.

“Kami tidak perlu terburu-buru. Kami memiliki hubungan yang baik, semoga saya masih bersama Persipura,” bebernya.

Sementara itu, asisten manajer Persipura Jayapura, Ridwan Bento Madubun mengaku bahwa kedua pemainnya asingnya itu telah mendapatkan ijin dari manajemen untuk keluar negeri. “Mereka sudah bicara, dan kami ijinkan,” pungkas Bento. (eri/gin).