Ketua KNPI Papua, Alberto G Wanimbo didampingi Ketua OKK Otniel Deda dan Bendahara KNPI Sehan saat menyampaikan keterangan Pers di Jayapura, Minggu (22/3). (FOTO: Noel/Cepos)

JAYAPURA- Dengan ditetapkannya status siaga darurat pengendalian Korona sejak 17 Maret lalu  maka setiap aktifitas di luar rumah harus di minimalisir Hal ini sebagai upaya Pemerintah Provinsi Papua meminimalisir masyarakat Papua terpapar virus Corona atau Covid-19.

Pengurus KNPI Provinsi Papua dan Tim Relawan PON XX Papua merespon terkait merebaknya Covid-19 yang mewabah di berbagai negaraermasuk Indonesia khususnya Papua maka KNPI siap membantu tim Satgas Corona yang dibentuk pemerintah.

Kepada wartawan saat ditemui di Jayapura, Sabtu (21/3), Ketua DPD KNPI Provinsi Papua sekaligus Ketua Tim Relawan PON XX Papua, Albertho G. Wanimbo mengatakan bahwa wabah Covid-19 yang terjadi saat ini merupakan perhatian bersama semua pihak, khususnya bagi masyarakat yang ada di Papua.

Dirinya mengatakan pada tanggal 5 Maret lalu,  bertempat di Sasana Karya, Kantor Gubernur, KNPI Papua bersama Forkopimda telah menyepakati untuk membentuk tim Satgas Corona guna melakukan upaya pencegahan virus Corona masuk di tanah Papua dan KNPI siap bergerak bersama.

“Sementara ini posko induk kita, berlokasi di kantor Dinas Kesehatan Provinsi Papua. Selain itu, kami di KNPI Papua juga diminta untuk menyiapkan relawan untuk membantu hal-hal yang berhubungan dengan pencegahan virus Corona ini untuk masuk di Papua, ” kata AlberthoWanimbo.

KNPI Papua secara internal juga telah menyiapkan perangkat-perangkat yang dibutuhkan untuk membantu Tim Satgas Corona nantinya.

“Untuk melengkapi tenaga relawan dalam hal safety, kita juga akan berkoordinasi dengan Satgas Anti Corona. Sehingga jika mereka ada yang mau terlibat juga dapat aman dalam penanganan kasus ini untuk membantu penyemprotan dan juga pmbaguan masker dan lainya,” ucap pria yang memiliki akronim nama AGW.

Menurut AlberthoWanimbo, anggotanya siap ikuti arahan dan putusan Gubernur Papua pada tanggal 25 Maret nanti, terkait hal-hal yang perlu dilakukan untuk melakukan pencegahan Covid-19 di Papua

“Kita menunggu putusan Gubernur di tanggal 25 Maret nanti untuk ditindaklanjuti. Namun beberapa hari kedepan ini kami tetap membangun koordinasi dengan beberapa lembaga-lembaga pemerintah maupun organisasi-organisasi non pemerintah untuk mengantisipasi irus Corona ini, ” jelasnya.

Diakuinya, timnya bakal membutuhkan banyak Satgas sebagai relawan Corona di 29 kabupaten/kota yang ada di Papua. Untuk itu, dirinya mengajak masyarakat yang merasa peduli guna melakukan pencegahan virus ini di Papua agar bisa bergabung sebagai volunteer atau sukarelawan di Tim Satgas Relawan Corona.

“Kita akan membangun posko-posko untuk para relawan Corona. Siapa saja boleh bergabung, dan terbuka juga bagi relawan PON XX, jika ingin bergabung dalam membantu. Hal ini sengaja dilakukan sebagai langkah antisipasi dalam pencegahan Covid-19di Papua,” tambahnya. 

Dalam kesempatan ini, AlberthoWanimbo juga  meminta agar seluruh masyarakat Papua dapat meningkatkan imunitas tubuh. Dengan rajin berolahraga dan mengonsumsi makanan sehat. Karena sesuai keterangan dokter bahwa dengan memiliki imunitas yang baik dapat melawan virus Corona.

“Kami KNPI juga mengajak Pemuda beserta masyarakat Papua, mari kita menjaga kesehatan dengan berolahraga makan-makanan yang teratur istirahat yang cukup,” pintanya.

Dirinya juga mengajak agar masyarakat yang ada di Papua untuk dapat melakukan social distance dengan tidak melakukan aktivitas di luar rumah atau berkumpul dalam jumlah banyak. Karena hal tersebut dapat mengakibatkan penularan bagi masyarakat.

“Kita juga berharap agar masyarakat tetap tenang di rumah dengan mengisi kegiatan bersama keluarga dan tidak bergabung di tempat-tempat keramaian atau berjalan tanpa tujuan. Hal ini agar kita sama-sama membantu petugas kesehatan dan juga pemerintah untuk mengurangi penyebaran virus Corona di Papua,” katanya.

AlberthoWanimbo juga mengimbau seluruh KNPI kabupaten dankota  se-Papua agar dapat membantu pemerintah untuk mensosialisasikan bahaya Covid-19 agar masyarakat dapat benar-benar paham dan tidak melakukan aktivitas di luar rumah sampai dengan batas waktu yang ditentukan.

“Kami juga berharap kepada seluruh kader KNPI yang ada di kabupaten dan  kota untuk bersama pemerintah dan dinas kesehatan mensosialisasikan tentang bahaya Corona. Serta mengajak masyarakat untuk hidup sehat dan tidak melakukan aktivitas yang melibatkan masyarakat dalam jumlah banyak. Ajak juga masyarakat untuk rajin menjaga kebersihan lingkungan dan diri mereka masing-masing,” pungkasnya. (oel/nat)