Penyidik Reserses Krimimal  Polres Merauke bersama pengurus Masjid  PKM  Mujahidin Pasar Wamanggu   Merauke saat menghitung uang  yang  dicuri  dari kotak amal Masjid Wamanggu Merauke, kemarin. ( FOTO:Sulo/Cepos) 

MERAUKE– Seorang anak muda di Merauke berinisial  AW  harus berurusan dengan   pihak  berwenang. Pasalnya, yang bersangkutan    kepergok  mencuri  uang  dari dalam kotak amal  di Masjid Mujahidin  Wamanggu Merauke, Rabu  (23/9)  dinihari sekitar   pukul  01.00 WIT.   

   PKM Masjid Mujahidin Pasar Wamanggu Merauke H.  Ali Syahbana, SE,  mengungkapkan   bahwa pelaku masuk   ke dalam  masjid tersebut dengan  cara memecahkan kaca  jendela masjid. Setelah   kaca  pecah,  selanjutnya  pelaku masuk   ke dalam   masjid  dan menuju  ke  kotak  amal.  

   ‘’Dia   kemudian  memecahkan   kaca kotak  amal,  selanjutnya mengeluarkan    uang   yang ada di dalam  kotak  itu.   Ada dua kotak  amal,’’ katanya saat ditemui  Cenderawasih Pos  di sela-sela menghitung uang  kotak amal yang berhasil diamankan dari pelaku  di Mapolres  Merauke, Rabu (23/9)  itu.  

  Apa yang  dilakukan  pelaku di dalam masjid tersebut  terekam  kamera CCTV. Namun  langkah  pelaku  terhenti saat keluar dari dalam masjid membawa uang  yang dibungkus    dengan sarung. Sebab, ada warga  yang ada di depan  masjid tersebut mengetahui   pelaku masuk ke dalam  masjid  tersebut.  

  “Saya  langsung membuang  uang itu   ketika  ada  orang yang datang membawa  golok,’’ kata pelaku  AW saat   menjalani pemeriksaan.  

   Karena  tak  mau tertangkap,  AW memilih kabur meninggalkan   tumpukan uang itu di depan masjid.   Namun  pelarian  pelaku  tersebut tak  berlangsung   lama. Dalam    beberapa jam kemudian, Polisi  berhasil meringkusnya.  “Sekitar  pukul  03.30  WIT,   Polisi berhasil menangkap pelaku,’’    jelas  Ali Syahbana.  

    Sementara  itu, dari hasil  perhitungan, kotak  amal  tersebut berjumlah Rp 2.533.000.  Kapolres   Merauke AKBP  Agustinus  Ary Purwanto, SIK   melalui Kasat Reskrim  AKP Carollan Rhamdhani, SIK, SH, MH membenarkan     penangkapan  pelaku  pencurian   uang dalam  kotak amal  Masjid  Mujahidin  Pasar Wamanggu Merauke. “Sementara    pemeriksaan dilakukan  baik terhadap  pelaku  maupun  terhadap  pengurus masjid,’’ tambah   Kasat  Reskrim. (ulo/tri)