Kejaksaan Negeri Merauke  saat melakukan sosialisasi secara virtual dengan  siswa-siswi  SMA Asmat, kemarin. ( FOTO: Sulo/Cepos)     

MERAUKE- Kejaksaan Negeri Merauke   dalam mensosialisasikan peran  dari Kejaksaan Negeri  Merauke  kepada siswa-siswi   SMA yang ada  di Kabupaten Asmat. Karena  belum  ada  transportasi  baik penerbangan  maupun   kapal laut yang dibuka  dari Merauke ke  Asmat, membuat   Kejaksaan Negeri  Merauke  dalam melakukan sosialisasi itu secara  virtual. 

   Ya, jaksa  masuk sekolah. Itulah  salah satu  program  yang ada di Kejaksaan  Negeri Merauke  dalam  memberikan sosialisasi atau pemahaman  hukum  kepada  para  pelajar yang ada di  wilayah  hukum  Kejaksaan Negeri Merauke yang  meliputi  Kabupaten Merauke, Boven Digoel, Mappi dan Asmat.  

   “Ya, kemarin  itu  kita  melaksanakan virtual masuk sekolah   yang bekerja sama dengan  pemerintah Kabupaten Asmat. Pesertanya, perwakilan   dari beberapa  SMA di  Kabupaten Asmat   sebanyak 20 orang.  Sosialisasi secara virtual  ini juga diikuti  Kepala  Dinas  Pendidikan  Kabupaten Asmat,’’ kata   Kepala Kajari Merauke  I Wayan Sumertayasa, SH, MH melalui Kepala  Seksi  Intelejen  Kejaksaan Negeri Merauke Eko Nuryanto, SH, kepada  media ini, Kamis (6/8).   

   Menurut     Eko  Nuryanto, dalam  virtual itu   pihaknya memberikan   pemahaman  kepada  siswa   terkait dengan  peranan  dari kejaksaan  sekaligus memperkenalkan  kepada siswa –siswi bagaimana kejaksaan  bekerja dan bagaimana prosedur dalam penegakan  hukum   yang  dilakukan oleh kejaksaan selaku   penuntut umum.  

  Dengan  adanya sosialisasi  ini,  kata  Eko Nuryanto, siswa tersebut  akan  semakin  memahami  tentang   masalah-masalah  hukum. ‘’Kita   memperkenalkan secara dini  apa  itu  hukum sehingga   mereka   akan memahami dan  tidak melakukan pelanggaran  hukum,’’ tandasnya. (ulo/tri)