Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Pemerintah Provinsi Papua, Alexander Kapisa. ( FOTO : Erik / Cepos)

JAYAPURA-Pembangunan Istora yang berada di kawasan Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur, Kabupaten Jayapura, yang akan digunakan sebagai salah satu venue pada Pekan Olahraga Nasional (PON) XX dan Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI Tahun 2020 di Provinsi Papua sampai saat ini sudah mencapai 32% dari target yang ditetapkan. Hal ini disampaikan oleh Kepala Dinas Olahraga dan Pemuda Pemerintah Provinsi Papua, Alexander Kapisa.

“Pembangunan venue yang saat ini sedang berlangsung, khususnya yang dibiayai APBN, secara keseluruhan menunjukkan perkembangan positif. Hasil koordinasi kami dengan pihak PUPR, rata-rata kemajuannya di atas 5 persen dari target yang ditentukan,” ujar alexander Kapisa ditemui di ruang kerjanya, baru-baru ini.

Untuk venue yang dibiayai dengan APBN sebagaimana tertuang dalam Instruksi Presiden No 10 Tahun 2017 tentang dukungan penyelenggaraan PON XX dan Peparnas XVI, Tahun 2020 di Provinsi Papua, pihaknya sangat optimis akan dapat diselesaikan tepat waktu.

“Kami senang dengan kemajuan yang telah dicapai dalam penyiapan venue PON oleh pemerintah pusat, sementara venue-venue yang disiapkan melalui APBD juga sudah berproses. Secara keseluruhan kemajuan penyiapan venue untuk PON akan kami sampaikan secara regular kepada teman-teman media untuk disampaikan ke masyarakat,” tegas Alexander Kapisa.

Di tempat terpisah, Anggoro Putro, Project Manager Venue Akuatik, Istora, Hoki dan Kriket saat ditemui di kompleks Istora beberapa waktu lalu menyampaikan, sampai saat ini capaian sangat menggembirakan dalam penyelesaian venue yang ditugaskan pemerintah pusat.

“Kami sampaikan bahwa seluruh progress venue PON yang ditangani oleh Kementerian PUPR berada dalam zonasi deviasi positif dan tidak ada yang berada dalam deviasi negatif. Bahkan untuk venue hoki dan kriket saat ini positifnya mencapai 8 persen,” ujar Anggoro.

Dengan kemajuan yang dicapai tersebut, Anggoro pun optimis bahwa venue-venue yang sedang disiapkan dapat selesai tepat waktu. “Kalau Istora, kami targetkan selesai pada akhir Juni 2020 dan aquatic pada akhir Juli 2020,”tutup Anggoro. (eri/tho)