Melihat Pameran Ikan Hias Cupang di Saga Mall Abepura

Selama 2 hari Sabtu dan Minggu Komunitas Cupang Jayapura (KCJ) menyelenggarakan pameran ikan hias cupang sekaligus menjualnya di Saga Mall Abepura,  bagi masyarakat dan pegunjung yang berada di Saga Mall Abepura bisa bertanya-tanya bagaimana yang baik dalam memelihara ikan hias cupang. Keindahan apa yang ditawarkan dari Ikan hias Cupang ini?

Laporan : Priyadi

 Ada yang berbeda di Saga Mall Abepura, Sabtu (12/12) lalu, cukup banyak orang menyaksikan dengan seksama ikan-ikan mungil dan menarik. Ya, hari itu ada pameran ikan hias cupang yang diselenggarakan Komunitas Cupang Jayapura (KCJ) untuk mengenalkan masyarakat tentang keindahan warna ikan cupang dan jenis-jenisnya, yang selama ini sudah menjadi trending topic di seluruh Indonesia termasuk Kota Jayapura.

 Cenderawasih Pos pun tidak menyia-nyiakan momen ini untuk menggali lebih dalam apa kelebihan ikan cupang dibanding dengan ikan lainnya, dengan mengunjungi pameran ikan hias cupang  di Saga Mall Abepura. Dan tampaknya pameran ini mendapatkan respon cukup bagus bagi pengunjung banyak pengunjung yang yang melihat -lihat sekaligus bertanya-tanya tentang ikan hias cupang.

  Ikan yang sekarang sudah menjadi trend di Indonesia karena beberapa jenis ikan cupang memiliki banyak kombinasi warna yang sangat indah dan cara perawatannya pun tidak sulit, hal ini yang menjadi pecinta ikan cupang dan masyarakat banyak yang memeliharanya termasuk di Kota Jayapura.  

 Walaupun ikan cupang ini agresif dan hidup soliter, ikan air tawar ini terbilang sangat mudah dipelihara, dan memiliki banyak jenis berkat perkawinan silang. Hal ini dikatakan Penasehat KCJ H. Hamba Syamsir didampingi pengurus Gusrie SVT, Rony, Virah Ira, Kapten Cupang.

 Dijelaskan, KCJ terbentuk sudah 2 tahun ini  berkat peminat ikan hias cupang terus bertambah kini ada sekira 1600 anggota KCP, melalui penjaringan di Medsos baik di WA grup, instagram, facebook, Twiter dan lainnya, dimana berbagai masukan, saran dan pengalaman selama memelihara ikan hias cupang bisa didiskusikan dan ditanyakan di situ, karena dalam memelihara ikan cupang juga ada yang menganggap gampang ada yang juga susah, sehingga lewat pembentukan grup ini sebagai ajang untuk diskusi terkait Bagaimana cara memelihara ikan hias cupang yang baik dan benar.

 Diakui, tujuan dari penyelenggaraan pameran tentu untuk memperkenalkan bagaimana ikan hias cupang bisa diperkenalkan di Jayapura dan masyarakat umum bisa mengetahui apa itu ikan hias cupang.

  Menurutnya, memang tren untuk penjualan ikan hias cupang di Jayapura masih sangat minim karena ikan hias cupang belum banyak diketahui masyarakat di Jayapura, oleh karena itu, dengan adanya membuat pameran ikan hias cupang untuk mengenal dan mendongkrak harga ikan cupang karena penjualan ikan cupang juga bervariasi tergantung dari jenisnya ada yang paling murah sekira Rp 100 ribu ada juga yang mahal sampai Rp 1.5 juta di Kota Jayapura dan sasaran penjualan ikan hias cupang semua lini, untuk peminat ikan hias cupang mulai anak-anak sampai orang dewasa pun senang.

 “Untuk ikan hias cupang yang kami jual dan pamerkan banyak jenisnya ada yang jenis halfmoon, doubel tail, blue rine, avatar, Fanci, croin tail, giant, big ear, cupang paradise dan lainya. Sedangkan harga tinggi ikan hias cupang ditentukan dari kesempurnaan warna, kesehatan ikan, ukuran ikan dan semua jenis ikan hias cupang ada harganya masing-masing, untuk saat ini yang booming jenis ikan cupang blue Rin, Avatar, halfmoon dan gient yang saat ini orang sedang buru,”katanya. 

 Dijelaskan, dulunya memang ikan hias cupang didatangkan dari Makassar namun sekarang sudah banyak petani ikan cupang yang bisa membudidayakan. Pasalnya dari komunitas banyak yang sudah belajar dan berbagi pengalaman.  Ada juga yang masih mendatangkan tetap melalui prosedur, namun jika mendatangkan juga butuh biaya yang sangat besar karena ongkos kirimnya tinggi inilah alasan kenapa KCJ sudah ada yang bisa jadi petani ikan hias cupang.

Dan untuk bisa mengetahui ikan hias cupang yang sehat dan baik, supaya masyarakat bisa memelihara ikan hias cupang bisa dilihat dari adanya buih yang ada di air ikan cupang, ikan cupang harus terus aktif, jika dilihat ekornya lebar bisa merekah atau ngedok ini bagus dan untuk jenis penyakit ikan hias cupang yang masih ditemukan yakni sisik nanas karena jamur termasuk pengaruh cuaca dingin dan untuk cara penanganannya langsung ganti air gunakan daun ketapang kering, garam ikan dan kasih obat biru untuk air selalu diganti 3 hari sekali.

 Walaupun pelihara ikan cupang ini mudah namun tetap juga ada kendala yang dihadapi yakni pakan alami ikan hias cupang seperti jentik nyamuk saat musim hujan seperti ini cukup susah termasuk kutu air juga agak susah di situlah para petani atau pecinta ikan cupang ada kesusahan sehingga solusinya mendatangkan pakan khusus ikan hias cupang seperti Pelet yang sangat kecil karena di dalamnya ada vitamin yang bisa mengeluarkan warna di ikan cupang dan lebih sehat karena ada vitamin dimakanan itu.

 Setelah dilakukan pameran ini KCJ kedepannya akan melakukan lagi yang lebih besar sambil melihat perkembangan pecinta ikan hias cupang di jayapura ini seperti apa. (*/wen)