Beranda BERITA UTAMA Kedepankan Pendekatan Kesejahteraan dan Kearifan Lokal

Kedepankan Pendekatan Kesejahteraan dan Kearifan Lokal

0
Kedepankan Pendekatan Kesejahteraan dan Kearifan Lokal
Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono didampingi Kapuspen TNI  Mayor Jenderal TNI Prantara santosa saat mengadakan jumpa pers terkait kegiatan Kapolri dan Panglima di Sentani, Kamis (27/5). ( FOTO: Robert Mboik/Cepos)
Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono didampingi Kapuspen TNI  Mayor Jenderal TNI Prantara santosa saat mengadakan jumpa pers terkait kegiatan Kapolri dan Panglima di Sentani, Kamis (27/5). ( FOTO: Robert Mboik/Cepos)

*Pesan Panglima TNI dan Kapolri Untuk Personel TNI-Polri di Papua

SENTANI-Dalam rangka membahas situasi kambtibmas di papua, Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Sigit Listyanto Prabowo akhirnya menemui sejumlah tokoh di Papua. Mulai dari tokoh agama, tokoh masyarakat, sejumlah kepala daerah dan forkompimda di Provinsi papua. 

Kapuspen TNI  Mayor Jenderal TNI Prantara Santosa dalam keterangan persnya menjelaskan, kunjungan kerja Panglima dan Kapolri ke Papua sejak Rabu (26/5), lalu bertujuan untuk menjalin silahturahmmi dan berdialog langsung dengan masyarakat dan para tokoh adat, agama, masyarakat, serta Forkompimda Provinsi papua. 

“Panglima dan Kapolri juga memberikan arahan secara langsung kepada pimpinan TNI dan Polri yang ada di Papua, baik yang organik maupun yang penugasan,” ucap Prantara Santosa di Hotel Suni Garden Lake Sentani, Kamis (27/5).

Pada dasarnya, Panglima TNI dan Kapolri menekankan agar pelaksanaan tugas agar dapat berjalan dengan baik dan bersinergi  dengan sesama aparat keamanan di wilayah Papua. Karena ini merupakan salah satu bentuk pengendalian dari pimpinan TNI  dan pimpinan Polri . 

Panglima TNI dan Kapolri juga meminta pimpinan TNI dan Polri di wilayah Papua supaya mengendepankan pendekatan kesejahteraan dan kearifan lokal. Serta selalu bersama dengan pemerintah daerah di  dalam  menyelesaikan  permasalahan yang terjadi di Papua. 

“Mari kita berdoa bersama mudah-mudahan Papua tetap dalam kondisi yang kondusif . sehingga proses pembangunan dapat berjalan lancar,” katanya. 

Kapuspen TNI menambahkan, sehubungan dengan pertemuan dengan sejumlah tokoh dan Forkompimda di Papua, Panglima TNI dan Kapolri sebenarnya ingin mendapatkan masukan secara langsung tentang  kondisi masyarakat yang ada di Papua.

Dari pantauan media ini, ada sejumlah kepala daerah dari daerah rawan konflik yang juga melakukan pertemuan dengan dua petinggi TNI dan Polri itu. Sayangnya, awak media belum mengetahui apa yang sedang dibahas bersama antara Panglima dan Kapolri bersama beberapa kepala daerah yang berlangsung tertutup. “Kebetulan ini juga acaranya  sedang berlangsung nanti kita akan informasikan lebih lanjut,, tentang apa yang dibicarakan,” tambahnya. 

Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Argo Yuwono menambahkan,  kedatangan Kapolri dan Panglima TNI ke Papua yaitu ingin mengapresiasi kepada seluruh personel TNI-Polri dan BIN, yang sudah melaksanakan kegiatan di Papua, berkaitan dengan keamanan dalam rangka untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat Papua.

“Kedua ingin melihat bagaimana kondisinya anggota,  juga memberikan motivasi kepada anggota yang datang bertugas ke Papua, jauh dari keluarga. Sehingga dia bisa menjalankan tugas dengan baik,” katanya. 

Pada kesempaatan tersebut, Panglima TNI dan Kapolri juga ingin melihat  secara langsung mengenai kesiapan dari rencana pelaksanaan PON  di Papua. Termasuk persiapannya dan pengamananya. (roy/nat)

error: Content is protected !!