Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw didampingi Kabidkum Polda Papua dan Kapolres Mimika AKBP I Gusti Gde Era Adhinata  saat mengecek kondisi tahanan Polres Mimika, Kamis (18/6) ( FOTO: Humas Polda Papua for Cepos)

JAYAPURA-Guna memastikan kondisi tahanan, Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengecek langsung kelayakan ruang tahanan di Mapolres Mimika dan memberikan penguatan kepada para tahanan, Kamis (18/6).

Selain melakukan  pengecekan, Kapolda Paulus Waterpauw juga menanyakan satu persatu tahanan tentang keluhan kesehatan mereka. Tak lupa orang nomor satu di jajaran Polda Papua ini menyampaikan pesan imbauan agar para tahanan bisa merubah pribadinya menjadi lebih baik di masa yang akan datang.

“Seluruh tahan baik laki-laki maupun perempuan yang berada di Mako Polres Mile 32 Mimika mengaku tidak memiliki keluhan kesehatan. Mereka juga mengatakan siap untuk berubah menjadi lebih baik lagi, agar tidak kembali berurusan dengan hukum,” ucap Kapolda.

Di hadapan para tahanan, Kapolda mengatakan bahwa segala perbuatan yang dilakukan harus dipertanggungjawabkan. Namun, keberadaan mereka di dalam tahanan bukanlah akhir dari segalanya, melainkan awal dari kehidupan yang baru ketika keluar nanti.

Yang  terpenting lanjut Kapolda, yang sudah terjadi biarlah berlalu dan menjadi pembelajaran untuk semuanya agar jangan diulangi lagi. Semua yang terjadi menurutnya pasti ada hikmahnya maka dari itu tanggapi semua dengan positif.

“Tujuan kami datang adalah untuk mengetahui keadaaan para tahanan di Mako Polres Mile 32 Mimika. Hasil yang kami dapati bahwa semua tahan yang berada disini dalam keadaan baik, tidak ada satupun yang terpapar Covid-19 serta tempat tahanan yang dihuni juga layak untuk dihuni,” ungkapnya.

Lanjut Kapolda, untuk personel Polres Mimika sendiri ada 4 orang terpapar Covid-19. Dimana  keempat personel tersebut sedang melaksanakan isolasi mandiri. (fia/nat)