Salah satu kawasan wisata di Pantai Bukisi, Kabupaten Jayapura yang terpaksa ditutup di tengah pandemi Covid-19. Kini siap dibuka kembali, namun pengelola diharap terapkan protokol kesehatan yang lebih ketat. ( FOTO: Robert Cepos )

SENTANI-Sesuai  instruksi pemerintah pusat mengenai kebijakan penerapan new normal selama pandemi Covid-19 ini, Bupati Jayapura, Matius Awoitauw, SE, M.Si  sudah menginstruksikan kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terkait dengan kegiatan ekonomi masyarakat untuk mempersiapkan diri dalam menerapkan kebijakan tersebut. 

Salah satunya adalah sektor pariwisata,  namun untuk menghidupkan kembali sektor tersebut selama pandemi Covid-19 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura memastikan akan menerapkan protokol kesehatan yang ekstra ketat.

“Saya sudah minta kepada pemuda, masyarakat yang ada di distrik supaya mulai mempersiapkan penataan kawasan wisata yang ada,” kata Mathius Awoitauw, Selasa (9/6).

Dia mengatakan, setelah pemerintah melonggarkan aktivitas masyarakat selama pandemi Covid-19 ini, terlebih khusus untuk kegiatan ekonomi, dipastikan  akan ada lonjakan kunjungan wisatawan ke daerah-daerah pariwisata yang ada di Kabupaten Jayapura.

“Masyarakat sudah bosan karena sudah terlalu lama berada di rumah akibat masa pandemi Covid-19 ini,” ungkapnya.

Untuk itu, dia berharap kepada seluruh pemuda masyarakat yang ada di kampung untuk mempersiapkan diri dengan menata kembali kawasan pariwisata yang ada di masing-masing  daerah. 

Meski begitu, dia menegaskan agar kawasan pariwisata yang ada di wilayah Kabupaten Jayapura ini harus tetap menerapkan protokol kesehatan yang lebih ketat lagi dari biasanya.

“Selain menata kembali kawasan pariwisata,  masyarakat juga harus menyiapkan protokol kesehatan seperti tempat cuci tangan, dan itu harus menjadi kewajiban bagi setiap pengunjung untuk mengikuti protokol kesehatan yang diterapkan di masing-masing kawasan wisata tersebut,” tandasnya.

Orang nomor satu di Kabupaten Jayapura itu tidak pernah berhenti meminta masyarakat untuk tetap mengikuti protokol kesehatan sebagaimana yang telah diberlakukan oleh pemerintah mulai dari tingkat pusat sampai di tingkat pemerintahan yang paling kecil. Hal ini dilakukan semata-mata untuk memerangi penyebaran Covid 19 di wilayah Kabupaten Jayapura agar tidak terus meningkat dari waktu ke waktu.

“Sekarang sudah sangat mengkhawatirkan dari hari ke hari jumlah pasien yang terpapar Covid-19 ini terus bertambah. Sehingga saya minta supaya semua anjuran dan protokol kesehatan yang telah ditetapkan oleh pemerintah harus dilaksanakan sesuai petunjuk,”tambahnya. (roy/tho)