Kawasan Kaklote yang mulai ditata kembali. Tampak bagian lapangan tempat pelaksanaan FDS sudah dipasang paving blok, Sabtu (20/3). ( FOTO: Robert Mboik Cepos)

SENTANI-Untuk  menyambut Pekan Olahraga Nasional (PON) XX, Tahun 2021 pada Oktober nanti, kawasan Kalkote yang menjadi salah satu ikon wisata di Kabupaten Jayapura mulai ditata. Itu bisa dilihat dari tempat pelaksanaan Festival Danau Sentani (FDS) yang sudah dipasangi paving blok.

“Kita hanya pasang paving blok, dulu kan di situ rumput tinggi-tinggi,” kata Kepala Dinas Perumahan, Pertanahan dan Kawasan Permukiman Kabupaten Jayapura, Tery Ayomi ketika dikonfirmasi media ini, Sabtu, (20/3).

Dia menjelaskan, kawasan itu akan digunakan untuk tempat pelaksanaan FDS di mana festival itu selalu rutin dilaksanakan setiap tahun. Namun tahun ini, FDS sesuai dengan arahan dari Bupati Jayapura akan diselenggarakan bersamaan dengan pelaksanaan PON XX.

Lanjut dia, pembiayaan pekerjaan pemasangan paving blok di tempat itu bersumber dari alokasi dana khusus yang diberikan khusus untuk membenahi kawasan itu.

” Itu biayanya dari dana Otsus yang memang untuk pembiayaan khusus tempat itu,” katanya.

Menurutnya, penataan tempat itu merupakan salah satu upaya untuk mendukung pelaksanaan PON di Papua, khususnya di Kabupaten Jayapura dari sisi pariwisata.

Sementara itu untuk bangunan permanen yang ada dalam kawasan itu awalnya dibangun oleh Dinas Pariwisata Kabupaten Jayapura untuk mendukung pelaksanaan kegiatan FDS. Namun pasca bencana banjir 2019 selalu, bangunan yang ada di tempat itu terendam banjir dan saat ini kondisinya sudah rusak. Sehingga kedepan memang perlu ada pembenahan lanjutan.

” Dulu yang bangun pariwisata, tapi kita tidak tahu ke depan, apakah itu memang kita yang perbaiki atau tidak, memang kita belum dapat petunjuk sampai ke sana,”tandasnya. (roy/tho)