JAYAPURA-Meskipun penambahan kasus positif Covid-19 di Papua masih terjadi penambahan, namun jumlah pasien Covid-19 yang sembuh juga mengalami peningkatan yang signifikan. 

Juru Bicara Satgas Covid 19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., menginformasikan adanya penambahan 58 pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh, Selasa (16/6). 

Dari jumlah tersebut, Kota Jayapura yang terbanyak yaitu 40 pasien, disusul Kabupaten Mimika 15 pasien dan Kabupaten Jayawijaya 3 pasien. 

“Dengan tambahan 58 kasus sembuh ini, tidak lain merupakan kerja keras semua pihak terkait, dalam hal ini pemerintah kabupaten/kota melalui Gugus Tugas Penanganan Covid 19, juga Satgas Covid 19 Provinsi Papua, serta seluruh petugas kesehatan. Ini perlu kita apresiasi,” ungkap dr. Silwanus Sumule, Selasa (16/6).

Sementara itu, untuk kasus positif Covid-19, dr. Silwanus Sumule menyebutkan terdapat 34 kasus positif baru. Penambahan ini berasal dari tiga daerah yaitu Kota Jayapura, Kabupaten Jayapura dan Mimika. 

“Tambahan 34 kasus positif baru dari Kota Jayapura 27 kasus dari Kota Jayapura, 5 kasus dari Kabupaten Jayapura, dan 2 kasus dari Mimika,” tuturnya.

Selain itu, Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga bertambah sebanyak 9 pasien. Penambahan terjadi di Kota Jayapura 5 pasien dan Mimika 4 pasien. Sementara untuk Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga bertambah 33 orang. Penambahan tersebut terjadi di Boven Digoel 1 orang, 7 orang dari Keerom, dan 25 orang dari Kabupaten Puncak.

Dengan demikian, total kasus positif kumulatif di Papua telah mencapai 1.289 kasus. Dari jumlah tersebut sebanyak 769 pasien masih menjalani perawatan, 505 pasien sembuh, dan 15 pasien meninggal dunia. Sedangkan ODP memiliki total 3322 orang, PDP sebanyak 357 pasien, dan tes PCR mencapai 9225 sampel pemeriksan.

“Tambahan 34 kasus positif baru ini menjadi pekerjaan rumah untuk terus kita bergandengan tangan dalam penanganan Covid 19 di Provinsi Papua pada umumnya,” pungkasnya. (gr/nat)