*Disimpulkan Pasien Meninggal Dunia Tidak Memiliki Penyakit Penyerta

JAYAPURA- Juru Bicara Satgas Covid 19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., kembali menyampaikan kabar duka cita dalam penanganan Covid-19 di Provinsi Papua.

Menurut dr. Silwanus Sumule, kembali terjadi penambahan satu kasus meninggal dunia di Kota Jayapura. Pasien yang meninggal laki-laki berusia 50 tahun yang dinyatakan meninggal dunia akibat Covid-19. Kata dr. Sumule, ini merupakan kasus pertama dimana seseorang dinyatakan meninggal dunia murni karena Covid-19.

“Jikalau melihat data, ada 14 kasus meninggal dunia. Dimana 13 kasus meningga dunia di antaranya memiliki penyakit penyerta. Namun, pada kasus ini, setelah tim dokter melakukan pemeriksaan dengan baik, kemudian melihat data medical check-up yang pernah dilakukan yang bersangkutan, maka disimpulkan bahwa yang bersangkutan meninggal murni karena Covid 19,” ungkapnya, Jumat (5/6). 

Hingga Jumat (5/6) kemarin dari data yang diterima Satgas Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule menyampaikan adanya penambahan kasus positif baru. 

“Penambahan 52 kasus positif baru ini berasal dari Kota Jayapura dengan 30 kasus, Kabupaten Jayapura dengan 14 kasus, Jayawijaya dengan 4 kasus, Mimika dengan 3 kasus, dan Keerom dengan 1 kasus,” bebernya. 

Selain itu, Orang Dalam Pemantauan (ODP) juga bertambah sebnayak 132 orang, di antaranya dari Nabire 8 orang, Mimika sebanyak 105 orang, Boven Digoel dengan 14 orang, Kota Jayapura bertambah 4 orang, dan Asmat bertambah 1 orang.

“Adapun Pasien Dalam Pengawasan (PDP) juga mengalami penambahan jumlah, yakni sebanyak 5 pasien, yang mana semuanya berasal dari Kota Jayapura yang masing-masing dirawat, baik di Rumah Sakit Marthen Indey maupun Rumah Sakit Bhayangkara,” terangnya.

Sekalipun adanya penambahan kasus positif baru yang cukup signifikan, dan penambahan kasus meninggal dunia, terjadi pula peningkatan kasus sembuh Covid 19 di provinsi Papua. Penambahan kasus sembuh di Papua sebanyak 15 kasus, di antaranya 1 pasien sembuh di Kabupaten Jayapura, 6 pasien sembuh di Kota Jayapura, dan 8 pasien sembuh di Kabupaten Mimika.

“Kami memberikan apresiasi bagi tenaga kesehatan di RS Yowari, RSUD Jayapura, dan RS di Mimika, atas kerja sama dan perawatan maksimal yang diberikan sehingga ada tambahan 15 pasien sembuh hari ini (kemarin),” tambahnya.

Dengan demikian, diketahui bahwa hingga kini, total kasus positif kumulatif di Provinsi Papua mencapai 929 kasus, di antaranya 629 pasien dirawat, 286 pasien telah dinyatakan sembuh, dan 14 pasien meninggal dunia. Sedangkan ODP berjumlah 3148 orang, PDP berjumlah 803, dan pemeriksaan PCR telah mencapau 5260 sampel.

 “Harapan besar agar kita tidak menganggap remeh penyakit ini. Namun, tetap mematuhi protokol kesehatan yang telah terus disampaikan,” pungkasnya. (gr/nat)