JAYAPURA-Kabar duka kembali datang dalam penanganan kasus Covid-19 di Provinsi Papua. Dua orang pasien dilaporkan meninggal dunia. Kedua pasien ini berasal dari Kota Jayapura.

Dengan adanya penambahan dua kasus meninggal dunia ini, maka hingga Sabtu (4/7)  Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Provinsi Papua mencatat ada 20 pasien meninggal dunia akibat Covid-19. 

Juru Bicara Satgas Covid-19 Provinsi Papua, dr. Silwanus Sumule, Sp.OG(K)., membenarkan adanya penambahan dua kasus meninggal dunia Covid-19. 

Dua pasien yang meninggal dunia ini berjenis kelamin perempuan umur 36 tahun dan 59 tahun. Kedua pasien ini menurutnya sempat mendapat perawatan medis di rumah sakit mitra di Kota Jayapura. “Adapun, 2 pasien meninggal dunia ini berasal dari Kota Jayapura,” ungkap dr. Sumule, Sabtu (4/7). 

Kedua pasien yang meninggal dunia ini menurut dr. Sumule, menderita penyakit penyerta (komorbit). Pasien pertama berusia 36 tahun dilaporkan meninggal dunia pada tanggal 30 Juni 2020 lalu. “Namun, hasil pemeriksaan baru kami dapatkan pada 3 Juli yang menyatakan bahwa yang bersangkutan positif Covid-19. Pasien ini menderita sejumlah penyakit penyerta  yang berdampak pada fungsi paru-paru,” jelasnya. 

Untuk pasien kedua yang berumur 59 tahun, menurut dr. Silwanus Sumule sempat mendapat perawatan selama 4 hari dan kemudian hasil pemeriksaan swab menyatakan bahwa yang bersangkutan positif Covid-19. Pasien ini juga diketahui memiliki penyakit penyerta yakni kencing manis dan tekanan darah tinggi.

“Dengan ini, kami Satgas Covid-19 Provinsi Papua menyampaikan belasungkawa yang sedalam-dalamnya bagi keluarga yang ditinggalkan. Kami percaya bahwa Tuhan akan memberikan penghiburan kepada keluarga yang ditinggalkan,” tuturnya.

Mengenai kasus positif Covid-19, dr. Sumule mengatakan, hingga Sabtu (4/7) lalu terdapat penambahan 31 kasus positif baru di Provinsi Papua. Dari jumlah tersebut, 24 kasus berasal dari Kota Jayapura, 6 kasus dari Mimika, dan 1 kasus dari Kabupaten Jayapura.

Angka ODP menurutnya juga bertambah sebanyak 9 orang. Dimana 4 ODP berada di Kabupaten Yahukimo. dan Kota Jayapura sebanyak 5 orang. Sedangkan PDP juga bertambah 6 pasien yang semuanya diketahui berasal dari Kota Jayapura.

“Patut kita syukuri pula karena terdapat tambahan sebanyak 25 kasus sembuh di Papua. Diketahui bahwa 25 tambahan kasus sembuh ini berasal dari Kabupaten Jayapura dengan 14 kasus, Mimika dengan 2 kasus, Yalimo dengan 1 kasus, Kota Jayapura dengan 1 kasus. Kabupaten Jayawijaya dengan 1 kasus, dan Biak Numfor dengan 1 kasus, serta Keerom dengan tambahan 5 kasus sembuh baru,” tambahnya.

Secara keseluruhan hingga Sabtu (4/7) lalu, jumlah kasus positif kumulatif di Papua telah mencapai angka 1.939 kasus. Dimana, 991 pasien dirawat, 926 pasien sembuh, dan 20 pasien meninggal dunia. ODP berjumlah 2.570, PDP sebanyak 265 pasien, dan pemeriksaan PCR dan TCM telah mencapai 15.981 sampel. (gr/nat)