Kapolres Mappi AKBP Cosmos Jeujanan saat melakukan pertemuan dengan pimpinan perusahaan kelapa sawit yang ada Distrik Edera, Kabupaten Mappi, Jumat (14/2). (FOTO: Humas Polres Mappi for Cepos)

MAPPI-  Kapolres Mappi  AKBP  Cosmos Jeujanan memimpin langsung kegiatan preventif dalam bentuk patroli ke daerah rawan terjadinya kebakaran hutan dan lahan (Karhutla)  di Distrik Edera, Kabupaten Mappi Papua, Jumat (14/2).  

  Saat peninjauan,  Kapolres Mappi mengungkapkan bahwa ada  beberapa daerah yang menjadi tujuan patroli yakni daerah rawan Karhutla di sekitar perusahaan perkebunan kelapa sawit  di Distrik Edera  Kabupaten Mappi. Namun  dalam peninjauan  tersebut tidak ditemukan  adanya titik hotspot atau lahan yang terbakar.  

  Meski belum ditemukan  adanya  titik  api, namun lanjut   Kapolres, pihaknya    memetakan  dan memonitoring wilayah dan tempat tempat yang memang di anggap rawan dan berpotensi terjadinya kebakaran lahan.   Dalam peninjauan itu, Kapolres  dan tim   patroli juga berkoordinasi langsung dengan salah satu manager perusahaaan serta para tokoh masyarakat guna mengingatkan dampak negatif dari pada Karhutla itu sendiri. 

   Sementara dari pihak perusahaan yang   dikunjungi tersebut menyatakan  kesiapan perusahaan untuk tidak membakar lahan saat membuka lahan baru. Perusahaan  juga mendukung penuh pemerintah dalam mengendalikan Karhutla dengan cara menyediakan beberapa unit Mobil pemadam serta beberapa alat pendukung lainnya saat  terjadi kebakaran hutan dan lahan diluar area perusahaan  yang dapat dijangkau  peralatan  pemadam kebakaran. (ulo/tri)