JAYAPURA- Polres Yahukimo memastikan, 16 los yang terbakar di Pertigaan Jalan Paradiso, Distrik Dekai Kabupaten Yahukimo Rabu (18/3), murni akibat kebakaran. Kebkaran tersebut diduga kuat akibat kelalaian pemilik salah satu usaha bengkel.

Kapolres Yahukimo AKBP. Angling Guntoro menyampaikan, pihaknya sudah melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) dan memeriksa sebanyak 6 orang saksi untuk mengungkap penyebab kebakaran yang mengakibatkan terbakarnya 16 kios serta membuat Abdul Wahid (51) dan istrinya mengalami luka bakar. “Kami masih lakukan pemeriksaan atas kasus ini, namun sumber api berasal dari bengkel. Kemungkinan akibat dari kelalaian pemilik rumah yang ada di bengkel. Karena ada bensin  sebanyak 4 jerigen di bengkel tersebut,” ucap Kapolres saat dikonfirmasi Cenderawasih Pos, Kamis (19/3).

 Kapolres Angling Guntoro menduga adakemungkinan terjadi korsleting atau hubungan arus pendek listrik di bengkel yang menjadi awal mula kebakaran. Namun pihaknya akan memastikan dari pemilik rumah itu sendiri dengan memintai keterangan mereka.

“Saat ini pemilik rumah sedang mendapatkan perawatan medis yang ikut terbakar saat kejadian itu. Dia juga masih shok sehingga belum bisa dimintai keterangan,” jelasnya.

Kapolres memastikan tidak ada unsur kesengajaan dibakar atau hal lain dalam musibah kebakaran ini. Karena sumber api dari dalam rumah yang saat kejadian karyawan bengkel tidak melihat satu orangpun masuk  dalam bengkel kecuali suami isteri yang berada dalam rumah.

“Kami pastikan ini terbakar karena adanya kelalaian, soal ada yang menonton itu hal biasa. Di Yahukimo segala sesuatu kerap menjadi tontonan,” ucapnya.

Sementara situasi Yahukimo hingga saat ini lanjut Kapolres kondusif, aktivitas masyarakat tetap berjalan sebagaimana biasanya. Untuk kasus kebakaran sedang ditangani Satuan Reskrim Polres Yahukimo. (fia/nat)