BIAK-Peringatan hari ulang tahun (HUT) Polri atau Hari Bhayangkara ke 74 tahun 2020, berbeda dari tahun-tahun sebelum akibat pademi Covi-19. Ya, kali ini peringatan HUT Bayangkara dilakukan secara  virtual dan diikuti jajaran Polda dan Polres di semua wilayah Indonesia, termasuk di lingkungan Polres Biak Numfor.

 Kapolres Biak Numfor Kapolres Biak Numfor AKBP Murjatmo Edi, S.IK.,SH saat mendapat surprise kado ultah HUT ke-74 Bhayangkara dari TNI, Rabu (1/7). ( FOTO: Fiktor/Cepos)

   Secara nasional peringatan HUT Bayangkara kali ini disiarkan langsung melaui visual oleh Mabes Polri dari Istana Negara, Rabu (1/7) kemarin. Dimana Presiden Joko Widodo yang bertindak langsung sebagai inspektur upacara, Upacara virtual itu disiarkan dan diikuti oleh seluruh Polda dan seluruh Polres di Indonesia.

  Dilingkungan Polres Biak Numfor,  upacara dilakukan secara virtual dipimpin oleh Kapolres Biak Numfor Kapolres Biak Numfor AKBP Murjatmo Edi, S.IK.,SH di lobby utama dan berlangsung Pukul 10.30  WIT, mengikuti upacara yang dipimpin oleh Presiden Jokowi  dan disiarkan langsung oleh Mabes Polri secara visual (langsung dengan video conference).

  Upacara yang tetap dalam protokol pencegahan Covid-19 berlangsung dengan hikmat. Selain Kapolres, jajaran Forkopimda Kabupaten Numfor hadir langsung dalam upacara tersebut. Adapun sejumlah jajaran pejabat yang hadir adalah Komadan Korem 173/PVB Brigjen TNI Iwan Setiawan, Komandan Lanud Manuhua Marsekal Pertama TNI Daan Sulfi, dan Asisten II Setda Biak Numfor Ferry Betay mewakili Bupati. 

  Selain itu, hadir pula Danlanal Biak Kolonel Laut (P) Budi Darmawan Amran, Dandim 1708/BN Letkol Inf Ricardo Siregar, Danlanudal Biak Letkol Laut (P) Moeis Syaifuddin, Ketua Pengadilan Negeri Biak Biak Helmin Somalay dan sejumlah pejabat lainnya. 

  Upacara hari Bhayangkara ke-74 yang dilaksanakan secara virtual dilingkungan Polres Biak Numfor yang dipimpin langsung oleh Kapolres, dilanjutkan dengan acara syukuran secara sederhana. Dalam peringatan HUT Bayangkara itu juga, dua komandan berpangkat jenderal juga ikut memberikan surprise HUT Bayangkara kepada Kapolres, keduanya adalah Danrem 173/PVB dan Danlanud Manuhua Biak. Tak ketinggalan Danlanal Biak dan Dandim 1708/BN ikut memberikan surprice dalam bentuk ucapan dan kue ulang tahun.

   “Mengingat kegiatan hari Bhayangkara kali ini bangsa Indonesia ada sedang menghadapi pandemi Covid-19, sehingga beberapa kegiatan konsepnya juga menyesuaikan dengan kondisi saat ini yaitu di masa transisi menuju new normal dengan tetap mentaati protokol kesehatan. Hal ini juga membuat peringatan HUT Bayangkara kali ini dilakukan secara virtual, dan momen ini kami jadikan momentum untuk terus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat serta semua pihak tanpa terkecuali,” pungkas Kapolres Murjatmo Edi kepada wartawan setelah pelaksanaan upacara serta virtual.(itb/tri)