Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw memberikan pengarahan kepada personel  Dit (Direktorat) Lantas Polda Papua di lapangan tenis Mapolda Papua, Senin (16/3). (FOTO: Humas Polda)

JAYAPURA- Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw meyampaikan, dirinya masih mendapatkan laporan dari masyarakat bahwa mereka belum sepenuhnya merasakan kehadiran Polri khususnya Polisi Lalu Lintas di Jalan Raya.

 “Masih tingginya angka kecelakaan dan pelanggaran lalu lintas di jalan raya, maka ini menjadi tugas dan tanggungjawab dari Dit lantas sebagai pembina fungsi,” ucap Kapolda saat memberikan pengarahan kepada personel Dit (Direktorat) Lantas Polda Papua di lapangan tenis Mapolda Papua, Senin (16/3).

 Sehingga itu, dirinya berharap personel  Dit Lantas dapat memberikan pelayanan dengan ikhlas kepada masyarakat dan kegiatan pengaturan lalu lintas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat yang beraktifitas pagi, siang maupun malam hari.

 “Dengan begitu sehingga masyarakat merasa aman dan nyaman serta untuk menghindari terjadinya kemacetan dan kecelakaan lalu lintas. Utamanya bagi anak-anak sekolah pada pagi hari yang akan menyeberang pada saat berangkat sekolah,” paparnya.

Lanjutnya, setiap anggota agar ditempatkan di tempat-tempat yang dianggap rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas serta yang dianggap sering terjadinya kemacetan lalu lintas.

 “Masyarakat harus merasakan kehadiran Polisi di lapangan, berikan senyum, sapa dan salam saat bertemu dengan masyarakat berikan teguran sampai dengan penindakan hukum kepada pelanggar sebagai efek jera agar mereka tidak mengulangi hal yang sama,” tuturnya.

 Sebagaimana Papua akan menghadapi momen nasional tahun 2020. Sehingga itu dirinya meminta kepada personel  Dit Lantas untuk dapat melakukan terobosan-terobosan kreatif atau rekayasa jalan yang dapat kita gunakan dalam mengurai kemacetan nantinya.

“Ada berapa kendaraan baik itu roda empat maupun roda dua yang akan beraktifitas dalam pelaksanaan PON nanti, sehingga saya meminta dari sekarang personel  sudah dapat mengantisipasi hal tersebut,” pungkasnya. (fia/wen)